Musik sebagai kritik sosial terhadap pemerintah: kajian analisis wacana norman fairclough ( lagu kritik lagi – feast)ST)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tahlia, Agnesya Irnadia (2023) Musik sebagai kritik sosial terhadap pemerintah: kajian analisis wacana norman fairclough ( lagu kritik lagi – feast)ST). An Nas: Jurnal Humaniora, 7 (2). pp. 178-190. ISSN 2597-7822

[img] Text
Agnesya Irnadia Tahlia_03010420001.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (428kB)
Official URL: https://journal.unugiri.ac.id/index.php/an-nas/art...

Abstract

Pada saat ini, youtube merupakan media sosial yang digemari oleh berbagai kalangan, banyak chanel yang menyediakan tontonan mulai dari anak-anak hingga orang tua, manfaat lainnya adalah youtube sebagai penyaluran ide, kreatifitas, dan karya seseorang yang dibagikan dan diperlihatkan kepada khalayak umum, salah satunya adalah seperti yang menjadi objek penelitian pada kali ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengungkap realitas sosial lagu sebagai kritik sosial dengan menggunakan metode analisis wacana kritis milik Norman Fairclough, teknik yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dokumentasi dan pendalaman teori dengan menyesuaikan objek yang diambil, dengan menggunakan teori milik Norman Fairclough, peneliti nantinya akan mengungkap 3 hal seperti yang diungkapkan oleh Norman yaitu, 1. Teks, bagaimana teks ini disampaikan, 2. Discourse Practice, wacana yang melatarbelakangi pembuatan lagu feast, 3. Sosiocultural Practice, situasional: situasi yang digambarkan, Institusional: pengosongan kedaulatan, penertiban, sifat tamak merajalela, Sosial: mengkritik pemerintah yang hanya omong kosong, penelitian selanjutnya yang relevan dengan artikel ini untuk lebih memperkaya sumber bacaan dengan objek kritik sosial dan lagu yaitu mengenai representatif problematika masyarakat, atau lagu sebagai cerminan keresahan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tahlia, Agnesya Irnadiaagnesyairnadia@gmail.com03010420001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrian, Rizkyrizky.abrian@gmail.com2005109106
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Subjects: Bahasa Indonesia
Sastra
Musik
Keywords: Feast; kritik sosial; analisis wacana kritis; Lagu kritik lagi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email 03010420001@student.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:51
Last Modified: 08 Jan 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67139

Actions (login required)

View Item View Item