Pungutan parkir liar menurut hukum pidana Islam dan hukum positif: studi kasus di Gading Fajar Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Andrian Eka Darma (2023) Pungutan parkir liar menurut hukum pidana Islam dan hukum positif: studi kasus di Gading Fajar Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andrian Eka Darma Saputra_05020320032.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Andrian Eka Darma Saputra_05020320032_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penulisan dengan judul “Pungutan Parkir Liar Menurut Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif (Studi Kasus Di Gading Fajar Kabupaten Sidoarjo)”. Penulisan ini digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pungutan parkir liar di Gading Fajar Sidoarjo? dan Bagaimana tinjauan hukum positif terhadap pelaksanan pungutan parkir liar di Gading Fajar Sidoarjo? Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan merupakan hasil dari penulisan lapangan, dengan mengguakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada pihak juru parkir liar, Dinas Perhubungan. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif dan analisis dengan menggunakan pola pikir induktif dengan menemukan sebuah kasus serta data yang ada di lapangan kemudian dikaitkan dengan teori-teori dan tinjauan hukum Pidana Islam jarīmah ta’zīr kemudian untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penulisan ini menunjukan bahwa praktik parkir liar yang berada di Gading Fajar ini tidak dibawah naungan Dinas Perhubungan. Dalam praktiknya juru parkir yang berada di Gading Fajar Sidoarjo ini tidak satupun yang berada di bawah naungan Dinas Perhubungan. Tinjauan hukum pidana Islam terhadap parkir liar di Gading Fajar Sidoarjo tersebut termasuk kedalam perbuatan risywah dan al-maksu. Dalam konteks ini pemungutan liar disamakan oleh tindakan suap dan tidak diperbolehkannya orang yang memberi suap dan menerima suap. Hukumannya berupa pidana ta’zīr dan hukuman tersebut berupa hukuman mati, penjara, cambuk, pemecatan, pengasingan, serta dalam bentuk sanksi moral yaitu pelaku akan diumumkan ke masyarakat. Pelaku pemungutan liar tersebut diberikan sanksi ang cukup keras karena dari perbuatan tersebut mengandung unsur kezaliman. Tinjauan hukum positif Perda Nomor 17 Tahun 2019 terhadap juru parkir liar yang berada di kawasan Gading Fajar Kabupaten Sidoarjo mereka melanggar tentang ketentuan perizin penyelenggaraan parkir, tarif yang tidak sesuai dengan Perda, tidak memiliki rompi yang telah disediakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan kesimpulan dalam skripsi ini, penulis menyarankan bahwa Bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo seharusnya mensosialisasikan kepada masyarakat dan juru parkir tentang parkir legal. Yang sesuai dengan Perda Nomor 17 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perparkiran yang dimana masih banyak terjadinya praktik parkir liar yang di wilayah kabupaten sidoarjo. Bagi pihak juru parkir agar mentaati peraturan yang berlaku khusunya Perda Nomor 17 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perparkiran dan berdasarkan hukum Islam yang ada. Bagi masyarakat sebagai pelanggan parkir seharusnya lebih mengetahui tentang ketentuan parkir karena apabila terdapat parkir liar dapat melaporkan ke call center dishub 112

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Andrian Eka Darma05020320032@student.uinsby.ac.id05020320032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, Hasanubaidillah_mhasan@uinsby.ac.id2005117901
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Lalu Lintas > Undang-undang dan peraturan
Pedagang
Keywords: Pungutan parkir liar; hukum pidana; hukum positif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Andrian Eka Darma Saputra
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:08
Last Modified: 05 Feb 2024 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67169

Actions (login required)

View Item View Item