Analisis fiqh siyasah dan peraturan daerah Nomor 8 tahun 2015 terhadap kampanye hitam dalam pemilihan kepala desa Asmorobangun kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Veliantika, Veliantika (2023) Analisis fiqh siyasah dan peraturan daerah Nomor 8 tahun 2015 terhadap kampanye hitam dalam pemilihan kepala desa Asmorobangun kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Veliantika_ C94219109.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Veliantika_ C94219109_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (18MB)

Abstract

Kampanye hitam yang terjadi pada saat pemilihan kepala desa Asmorobangun memang menjadi salah satu tindakan kecurangan pada saat proses kampanye menjelang pemilihan kepala desa, sebagaimana terdapat dalam Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa yang telah membahas secara umum mengenai aturan serta larangan yang harus dihindari pada saat proses kampanye maupun pemilihan. Skripsi ini memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yakni mengenai: bagaimana analisis peraturan daerah nomor 8 tahun 2015 terhadap kampanye hitam dalam pemilihan kepala desa Asmorobangun serta bagaimana pandangan fiqh Siyāsah terhadap kampanye hitam pada saat proses kampanye di desa Asmorobangun. Penelitian ini termasuk field research, yang mana data dari hasil penelitian ini didapat dengan menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap beberapa warga sekitar desa Asmorobangun. Kemudian data yang ada dan telah terkumpul di analisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif, yaitu dengan cara menggambarkan hasil dari penelitian secara sistematis yaitu hasil dari wawancara yang telah dilakukan, setelah itu penulis memecahkan persoalan dengan menggunakan teori fiqh Siyāsah Dusturiyāh serta Peraturan Daerah yang mengatur mengenai pemilihan kepala desa. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis, disimpulkan bahwa: pertama, analisis Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa merupakan aturan yang menjelaskan mengenai tata cara serta larangan pada saat dilakukannya pemilihan kepala desa termasuk larangan mengenai kampanye hitam dengan cara menyebarkan fitnah maupun menjelekkan lawannya tanpa adanya bukti yang jelas. Kedua, dalam analisis fiqh Siyāsah tindakan kampanye hitam tentu saja bertentangan dengan ajaran Islam, sebagaimana Islam mengajarkan bahwa sesama manusia terutama umat muslim untuk menjaga hubungan kekeluargaan dengan sesama umat muslim lainnya, serta Islam juga melarang untuk saling menyebarkan fitnah maupun berita bohong yang tidak terbukti kebenarannya. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan : Pertama, agar masyarakat lebih mewaspadai tindakan-tindakan yang disinyalir merupakan bagian dari tindakan kampanye hitam yang dilakukan oleh para calon anggota politik, agar hal-hal yang tidak di inginkan, seperti penyebaran fitnah dikalangan masyarakat menjelang pemilihan umum dapat dihindari. Kedua, agar para penegak hukum lebih meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan kampanye agar tidak terjadi tindakan kampany hitam, selain itu jika kampanye hitam sudah terjadi, disarankan agar secepatnya penanganan dilakukan agar tidak semakin memperparah keadaan menjelang pemilihan, baik itu pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan presiden.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Veliantika, Veliantikaveliantika272@gmail.comC94219109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyick0.88@gmail.com2005077304
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum Islam
Demokrasi
Keywords: Kampanye hitam; pemilihan kepala desa; kampanye
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Veli antika
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:06
Last Modified: 05 Feb 2024 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67171

Actions (login required)

View Item View Item