Pengaruh metode total physical response terhadap hasil asesmen formatif materi daily activity siswa kelas IV Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Achmad Haqqul (2023) Pengaruh metode total physical response terhadap hasil asesmen formatif materi daily activity siswa kelas IV Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Haqqul Yaqin_06020720021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Achmad Haqqul Yaqin_06020720021_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IV Sekolah Indonesia Kuala Lumpur menerapkan metode dikte dan tanya jawab saat menyampaikan materi Daily Activity. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang mampu memahami secara mandiri, sehingga sering meminta bantuan kepada guru dalam mengerjakan latihan. Berdasarkan data hasil akhir asesmen formatif pada materi Daily Activity sebanyak 11 peserta didik yang mampu mengikuti materi dan memahami secara mandiri, sehingga hasil nilai mereka mencapai diatas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yaitu 75. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode yang diterapkan yaitu total physical response terhadap hasil asesmen formatif materi Daily Activity peserta didik kelas IV. Metode ini diterapkan dengan praktik gerak anggota tubuh tentang vocabulary Daily Activity yang dilakukan berkelompok sebagai solusi dalam menjawab permasalahan untuk mencapai hasil asesmen formatif dengan kriteria yang ditentukan secara mandiri. Hasil ini dijadikan sebagai pemberian umpan balik kepada peserta didik untuk mengetahui perkembangan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif tipe pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dan Sampel penelitian diambil dari peserta didik kelas IV Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dengan teknik pemilihan sampling jenuh. Dalam mengumpulkan data, instrumen yang digunakan adalah tes jenis uraian singkat sehingga perlu dilakukan kevaliditas, reliabilitas, kesukaran dan daya beda soal. Setelah dilakukan uji instrumen, maka dapat dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji-t jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest 62,35 dan posttest 86,62 dari 34 peserta didik kelas IV. Hal ini dilanjutkan untuk menjawab hipotesis melalui hasil uji t dari perbandingan rata-rata pretest dan postest menunjukkan nilai (sig-2 tailed) sebanyak 0,000 dan kurang dari 0,005, sehingga H1 dapat diterima yaitu dinyatakan terdapat pengaruh metode total physical response terhadap hasil asesmen formatif materi Daily Activity kelas IV Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Achmad Haqqulyaqin.pule25@gmail.com06020720021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@unsby.ac.id2002027303
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsa.ac.id2030078604
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; total physical response; asesmen formatif; daily activity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Achmad Haqqul Yaqin
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:57
Last Modified: 05 Feb 2024 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67172

Actions (login required)

View Item View Item