Pengaruh religiusitas dan self-control terhadap pencegahan tendensi perilaku pelecehan seksual pada mahasiswa laki-laki di perguruan tinggi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Siti Fatimathus (2023) Pengaruh religiusitas dan self-control terhadap pencegahan tendensi perilaku pelecehan seksual pada mahasiswa laki-laki di perguruan tinggi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimathus Zahro_E72219046 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (20MB)
[img] Text
Siti Fatimathus Zahro_E72219046.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh religiusitas menggunakan “The Centrality of Religiosity Scale (CRS)” yaitu skala sentralitas religiusitas yang dikembangkan oleh Huber dan Huber dengan self-control berdasarkan skala yang dikembangkan oleh Tangney. Kedua variabel tersebut akan diuji terhadap pencegahan tendensi perilaku pelecehan seksual berdasarkan pengklasifikasian tiga dimensi pelecehan seksual yang digagas oleh Gelfand pada mahasiswa laki-laki di perguruan tinggi Surabaya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 350 mahasiswa laki-laki yang berusia 18-25 tahun dan berkuliah di perguruan tinggi Surabaya. Populasi perguruan tinggi terdiri atas empat perguruan tinggi berbasis umum dan empat perguruan tinggi berbasis keagamaan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan dibantu oleh program IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis dalam pengujian parsial menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara religiusitas terhadap pencegahan tendensi perilaku pelecehan seksual, namun self-control dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan tendensi perilaku pelecehan seksual. Sehingga, apabila tidak ada self-control, pelecehan seksual dapat terjadi dan ada atau tidaknya religiusitas mahasiswa tidak mempengaruhi tendensi perilaku pelecehan seksual. Dalam pengujian simultan menunjukkan bahwa self-control dan religiusitas mahasiswa keduanya dapat menjadi pencegahan tendensi perilaku pelecehan mahasiswa laki-laki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Siti Fatimathusskripsizara@gmail.comE72219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id2021048202
Subjects: Agama
Psikologi
Pornografi
Keywords: Religiusitas; self-control; pelecehan seksual; mahasiswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siti Fatimathus Z
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:48
Last Modified: 06 Mar 2024 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67195

Actions (login required)

View Item View Item