Al Dakhīl penafsiran ayat Khilafah : studi Tafsir Al Wa’ie karya Rokhmat S Labib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeh, Aqyas (2023) Al Dakhīl penafsiran ayat Khilafah : studi Tafsir Al Wa’ie karya Rokhmat S Labib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqyas Sholeh_E03218005 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aqyas Sholeh_E03218005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Al Dakhil merupakan salah satu studi kritik ilmu tafsir yang masih tergolong muda. Meskipun demikian kajian Al Dakhil juga merupakan hal yang urgen, mengingat semakin maraknya penggunaan hadis-hadis dhaif, palsu, riwayat isrâiliyyât dan juga pemikiran-pemikiran yang menyelimuti mufasir sehingga hasil dalam penafsiran menjauhkan dari tujuan suatu ayat yang ditafsirkan. Salah satunya adalah Al Dakhil dalm tafsir al-Wa’ie yang belum sepenuhnya mendapatkan perhatian dalam penelitian. Sehingga bisa dilakukan lebih komperehensif baik melalui bi al-ma’tsur maupun bi ar-ra’yi, terutama Al Dakhil pada jenis ar-ra’yi. Tafsir Ayat Pilihan Al-Wa’ie merupakan bagian dari khazanah tafsir Indonesia yang terpengaruh kuat oleh ideologi Hizbut Tahrir gerakan dakwah tempat penulisnya bergabung sehingga tafsir ini tergolong tafsir era afirmatif dengan nalar ideologis. Tafsir ini memadukan metode intereks dan metode tafsir pemikiran dalam menjelaskan ayat-ayat tertentu dalam Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tekstual, yang kemudian melahirkan tafsir dengan corak ideologis. Setelah penulis melakukan penelitian mengenai Al Dakhil dalam tafsir al-Wa’ie berkaitan dengan tema Khalifah, yakni pada Al-Baqarah ayat 30, Al Ma’idah ayat 49 dan An-Nisa’ ayat 59. Penulis dapat menyimpulkan, Al Dakhil berkembang dan tumbuh pesat antara lain, disebabkan oleh fanatisme perbedaan mazdhab, kebencian terhadap Islam, kepentingan politik dan lain-lain. Al Dakhil dalam tafsir al-Wa’ie yang penulis temukan antara lain penggunaan hadis yang tidak disertai sanad dan perawi yang mengakibatkan pembaca bertanya tentang keabsahan suatu hadis, kesalahan dalam memaknai ayat dan penyimpangan (tahrif) dalam penafsiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeh, Aqyasqsshlhsholeh@gmail.comE03218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahnafareva@gmail.com2014067102
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Ad Dakhil; Tafsir Al Wa’ie; Khilafah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aqyas Aqyas Sholeh
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:28
Last Modified: 09 Jan 2024 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67204

Actions (login required)

View Item View Item