Majelis Anwarul Mukhtar: perkembangan dan kontribusinya terhadap peningkatan spiritualitas pemuda di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan (2016-2022)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahdana, Chamdi (2023) Majelis Anwarul Mukhtar: perkembangan dan kontribusinya terhadap peningkatan spiritualitas pemuda di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan (2016-2022). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chamdi Wahdana_A92219082 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Chamdi Wahdana_A92219082 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Majelis Anwarul Mukhtar: Perkembangan dan Kontribusinya Terhadap Peningkatan Spiritualitas Pemuda di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan (2016-2022)” fokus pada tiga pembahasan yaitu: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Majelis Anwarul Mukhtar Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan? 2) Bagaimana perkembangan Majelis Anwarul Mukhtar Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan? 3) Bagaimana kontribusi Majelis Anwarul Mukhtar dalam peningkatan kesadaran spiritual pemuda di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan? Penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan pendekatan antropologi budaya dan sosiologi. Penelitian ini menganalisis aktivitas majelis sebagai organisasi keagamaan dan kesenian Islam yang melibatkan aspek budaya, sosial, seni, dan perilaku keagamaan. Penelitian ini menggunakan teori siklus Ibnu Khaldun dan teori kebudayaan Koentjaraningrat. Metode penelitian sejarah digunakan dengan langkah-langkah heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumen terkait, sedangkan sumber sekunder melibatkan jurnal, buku, dan dokumen terkait. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Majelis Shalawat ini mulai mengadakan kegiatan pada tahun 2012 yang dipimpin oleh ustadz Zakil Fuad dan dibantu rekannya yang merupakan komunitas pemuda pecinta Shalawat dengan fokus dakwah dan seni Islami. 2) Majelis Shalawat ini mengalami pertumbuhan pesat pada tahun 2016 dengan pemberian nama “Anwarul Mukhtar” oleh Habib Abdullah Hasan Assegaf. 3) Kontribusinya terhadap pemuda terlihat dari transformasi positif dalam spiritualitas, di mana pemuda yang awalnya jauh dari pemahaman agama Islam mengalami perubahan menuju arah yang lebih positif melalui kegiatan pembacaan shalawat dan bimbingan ulama dan para habib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahdana, Chamdia92219082@student.uinsby.ac.idA92219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Organisasi Masyarakat
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Majelis shalawat; Anwarul Mukhtar; spiritualitas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Chamdi Wahdana
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:08
Last Modified: 24 Jan 2024 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67222

Actions (login required)

View Item View Item