Implementasi program literasi guru dalam meningkatkan skill menulis buku bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramawati, Vira Duwi (2024) Implementasi program literasi guru dalam meningkatkan skill menulis buku bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Duwi Ramawati_D73219059 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Vira Duwi Ramawati_D73219059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Implementasi program literasi guru merupakan program yang memang ditujukan kepada guru guna meningkatkan skill menulis buku bagi guru. Sehingga perlunya antusias dari guru serta dukungan dan support dari kepala madrasah guna terlaksananya program literasi guru dengan baik dan sukses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) implementasi program literasi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo, (2) skill menulis buku bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo, dan (3) implementasi program literasi guru dalam meningkatkan skill menulis buku bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. Dengan menngunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan analisis dan interprestasi serta menggunakan triangulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi guru dapat memberikan ruang kepada para guru guna menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran yang dimiliki, kemudian dituangkan dalam sebuah karya tulis yakni berupa buku. Dengan adanya kegiatan program literasi guru melalui kegiatan pelatihan literasi dan lomba literasi, maka dapat meningkatkan rasa semangat guru yang mau belajar secara kontinu guna menambah wawasan, pengetahuan dan dapat meningkatkan skill menulis buku bagi guru. Berikut analisis implementasi program literasi guru dalam meningkatkan skill menulis buku bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo: (1) implementasi program literasi guru berjalan dengan baik, (2) skill yang didapatkan guru dari program literasi guru sangat banyak seperti memperoleh kosa kata Bahasa, gaya font dalam menulis buku, prosedur menulis yang baik dan benar melalui sumber internet, memperoleh skill berupa literasi dari internet, memperoleh literasi digital mengenai bagaimana cara membuat buku yang baik dan menemukan sumber informasi lainnya, sehingga dengan begitu dapat memudahkan guru dalam menulis buku (3) menulis buku dapat digunakan sebagai kenaikan pangkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramawati, Vira Duwiviraduwir@gmail.comD73219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Guru
Keterampilan
Manajemen Pendidikan
Keywords: Program sekolah; literasi guru; skill menulis buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vira Duwi Ramawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:14
Last Modified: 04 Apr 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67237

Actions (login required)

View Item View Item