Eksistensi perempuan dalam buku Sister Fillah, you'll never be alone karya Kalis Mardiasih: analisis psiko-humanistik Erick Fromm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobichah, Muthi'atus (2023) Eksistensi perempuan dalam buku Sister Fillah, you'll never be alone karya Kalis Mardiasih: analisis psiko-humanistik Erick Fromm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muthi'atus Shobichah_E01218018.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muthi'atus Shobichah_E01218018_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengandung tiga hal penting yaitu: hakikat perempuan sebagai manusia, otoritas tubuh manusia, dan pendidikan adalah kesetaraan manusia. Hasil penelitian di dalam buku Sister Fillah You'll Never be Alone karya Kalis Mardiasih banyak membahas tentang perempuan yang berani berjuang melawan sistem patriarki yang seringkali tampil arogan, tak jarang juga Kalis Mardiasih menggunakan basis pengetahuan empiris dan keislaman untuk menyangkal tafsir-tafsir yang cenderung diskriminatif. Ajaran Islam yang menyetarakan tanpa mendeskriminasi gender terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 2, Al-An'am ayat 6, dan Al-Ahzab ayat 33 yang membahas tentang perempuan sebagai fungsi individual maupun sosial yang tidak berbeda dengan laki-laki, hal ini kemudian didukung dengan analisis Psiko-Humanistik Erick Fromm yang tujuannya menciptakan makna atau pemahaman baru tentang eksistensi perempuan dalam Islam untuk mengukur terpenuhinya hak-hak normatif perempuan yang dibicarakan dalam buku Sister Fillah. Dengan analisis ini perempuan dapat mengembangkan kapasitasnya secara positif, seperti dalam pengembangan potensi yang bertujuan agar perempuan mengenal dirinya sendiri dan mampu untuk mengaktualisasikan kehendaknya. Setiap tindakan yang akan diekspresikan berdasarkan dari kesadarannya sendiri sehingga perempuan akan menemukan kemanusiaan yang direnggut dalam sistem patriarki. Eksistensi perempuan banyak mendapatkan diskriminasi, akibatnya banyak ilmuwan-ilmuwan yang membahasnya. salah satunya yaitu penelitian ini yang bertujuan untuk menjawab bagaimana eksistensi perempuan dalam buku Sister Fillah You'll Never be Alone karya Kalis mardiasih: Analisis Psiko-Humanistik Erick Fromm.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobichah, Muthi'atusmshobichah98@gmail.comE01218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Agama
Emansipasi wanita
Wanita dalam Islam
Keywords: Eksistensi; psiko-humanistik; Erick Fromm
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muthi'atus Shobichah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:25
Last Modified: 09 Jan 2024 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67241

Actions (login required)

View Item View Item