Analisis hukum islam terhadap biro jodoh online melalui link google form: studi kasus Taaruf Rumah Sakinah di Kantor Kementrian Agama Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanny, Anis Nabilatul (2023) Analisis hukum islam terhadap biro jodoh online melalui link google form: studi kasus Taaruf Rumah Sakinah di Kantor Kementrian Agama Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Nabilatul Fanny_C71219056 OK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Anis Nabilatul Fanny_C71219056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Program taaruf rumah sakinah ialah program yang didirikan oleh tim non PNS bidang keluarga sakinah di Kantor Kementrian Agama Kota Surabaya. Program ini diadakan agar dapat meminimalisir fenomena negatif lainnya khususnya pemuda pemudi yang dalam mencari pasangan hidupnya menggunakan metode yang kurang baik atau hal yang ilegal dengan syariat hukum Islam. Skripsi ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah: bagaimana proses taaruf rumah sakinah menggunakan link google form; bagaimana analisis hukum Islam terhadap proses taaruf rumah sakinah menggunakan link google form.Data penelitian yang digunakan dalam skripsi ini ialah menggunakan penelitian lapangan (Field Research) yakni penelitian dengan data yang diperoleh dari lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana dengan adanya pendekatan ini bertujuan untuk mengumpulkan beberapa data yang ada. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deksriptif dan pola pikir induktif terhadap proses biro jodoh online melalui link Google Form. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, terdapat beberapa proses yang ada dalam program taaruf rumah sakinah yaitu pendaftar mengisi link google form yang di dalamnya berisikan identitas diri. Setelah mengisi link google form yaitu Perkenalan dari tiap-tiap pendaftar secara offline. Serta terdapat beberapa edukasi dalam setiap prosesnya terkait cara memilih pasangan sesuai dengan syariat Islam dan cara membangun keluarga sakinah. Terdapat beberapa kebijakan dalam program ini salah satunya yaitu peserta satu sama lain tidak diperbolehkan untuk bertukar nomor telepon dan bertemu diluar dari tempat dan waktu yang telah ditentukan. Kedua, penelitian ini menggunakan analisis hukum Islam yang dalam hal ini prosesnya telah sesuai dengan ketentuan syariat Islam sebagaimana pendapat para ulama. serta aspek kemaslahatan adanya program taaruf rumah sakinah yang dalam hal ini dianalisis menggunakan maslah}ah mursalah dikarenakan tidak ada dasarnya dalam al-Quran dan hadis serta ijma’ ulama. Akan tetapi mendatangkan kebaikan dan mencegah kemudaratan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan: pertama, Dalam pelaksanaan program ini, khususnya proses pendaftaran untuk menjaga akan kekeliruan dan kesalahpahaman serta khawatir data tersebut mengarah untuk hal-hal negatif lainnya maka diperlukannya untuk dilakukan kroscheck kembali mengenai data yang telah tercantum dalam link google form. Kedua, Penulis juga berharap untuk memperketat kembali mengenai kebijakan-kebijakan yang ada dalam program ini, agar para pendaftar tidak serta merta hanya mengikuti tanpa melihat kebijakan yang telah ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanny, Anis Nabilatulnabilafanny88@gmail.comC71219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhufron, Muhammadghufron242@gmail.com--
Subjects: Hukum Islam
Islam
Perbandingan Madzhab
Keywords: Hukum Islam; Biro jodoh online; taaruf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Anis Nabilatul Fanny
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:16
Last Modified: 10 Jan 2024 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67256

Actions (login required)

View Item View Item