Kontestasi chauvinisme agama dan etno-ideologi pada kelompok jamaah tabligh di Kota Metropolitan Jakarta perspektif teori identitas sosial Henry Tajfel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shorfana, Muhammad Rizky (2023) Kontestasi chauvinisme agama dan etno-ideologi pada kelompok jamaah tabligh di Kota Metropolitan Jakarta perspektif teori identitas sosial Henry Tajfel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Shorfana_07040120080.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Rizky Shorfana_07040120080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kontestasi chauvinisme dan etno-ideologi dalam kelompok Jamaah Tabligh di Kota Metropolitan Jakarta. Kontestasi chauvinism agama dalam kelompok Jamaah Tabligh di Kota Metropolitan Jakarta dianalisis menggunakan teori identitas sosial Henry Tajfel. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: pertama,bagaimana kontestasi chauvinisme dan etno-ideologi agama dalam kelompok Jamaah Tabligh di Kota Metropolitan Jakarta? Kedua, bagaimana kontestasi tersebut dilihat menggunakan teori identitas sosial Henry Tajfel? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh peneliti dari hasil wawancara, observasi, dan literatur kepustakaan akan dibaca dan disajikan secara deskriptif analitis. Skripsi ini menemukan bahwa: pertama, kelompok Jamaah Tabligh di Kota Jakarta terpecah menjadi dua kubu, yaitu: H. Cecep Firdaus pendukung Maulana Saad yang bermarkaz di Kebon Jeruk dan Syuro Indonesia yang mengikuti Syura Alam yang bermarkaz di Ancol. Kedua, kelompok pendukung Maulana Saad berpandangan bahwa Markaz Nizamuddin itu sudah sattle tidak boleh mengikuti markaz-markaz lain, sedangkan Syuro Indonesia menganggap keamiran Maulana Saad itu menyalahi keputusan Syura Alam yang dibentuk oleh amir sebelumnya yaitu Syeikh In’amul Hasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shorfana, Muhammad Rizkyrizkyshorfana@gmail.com07040120080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Konflik sosial
Keywords: Jamaah tabligh; chauvunisme dan etno-ideologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: muhammad rizky shorfana
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:46
Last Modified: 09 Jan 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67260

Actions (login required)

View Item View Item