Peran gerakan pemuda Ansor PAC Waru dalam perkembangan yayasan Pesantren At Tauhid Waru Sidoarjo tahun 1999-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Luaili (2023) Peran gerakan pemuda Ansor PAC Waru dalam perkembangan yayasan Pesantren At Tauhid Waru Sidoarjo tahun 1999-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luaili Mufidah_ A92216081 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Luaili Mufidah_ A92216081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis dalam dimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untukmenganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu. Dudung Abdurrahman (Social Institution) dan Sarjono Soekanto (Peranan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1).Yayasan PesantrenYatim Sosial At-Tauhid berdiri pada tahun 1991 M di Wilayah Jln. Brigjend Katamso 47 Kepuhkiriman Waru Sidoarjoini berawal dari sebuah program santunan yang diadakan oleh pengurus GP Ansor Anak Cabang Waru periode 1990-1994 M. (2). Kontribusi GP Ansor PAC Waru dalam perkembangan Yayasan Pesantren At-Tauhid menyediakan seperti misalnya dari masalah pendidikanya kita mencari tenaga pengajar dan pola kependidikan Pesantren seperti apa, kemudian dari Pedanaan mereka juga mencarikan para donator dan juga menyediakan wadah berusaha untuk para Santri belajar mandiri kedepannya. (3). faktor pendukung dan penghambat Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid dan faktor eksternal yang berasal dari luar Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid. Faktor pendukung Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, mendapat dukungan yang positif dari anggota Gp Ansor, jumlah pengurus yang banyak, keunggulan pembelajaran dan ekstrakulikuler, adanya interaksi antara guru dan murid yang baik dan lain sebaginya. Sedangkan, faktor penghambat Yayasan Pesantren Yatim Sosial At-Tauhid yaitu sarana dan prasarana yang tidak terjaga, kurang cepat dalam mengambil keputusan dalam rapat Yayasan, banyaknya masyarakat yang masih menilai negatif terhadap Yayasan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Luaililualimufidah98@gmail.comA92216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemuda Islam
Keywords: Yayasan Pesantren At-Tauhid; GP Ansor PAC Waru.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2024 12:58
Last Modified: 08 Jan 2024 12:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67269

Actions (login required)

View Item View Item