Sejarah dan perkembangan Masjid Baiturrahmah Pesanggrahan Kutorejo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Fanny Kirana (2024) Sejarah dan perkembangan Masjid Baiturrahmah Pesanggrahan Kutorejo Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanny Kirana Devi_A92219085 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fanny Kirana Devi_A92219085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bejudul “Sejarah dan Perkembangan Masjid Jami’ Baiturrahmah Pesanggrahan, Kutorejo, Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana Sejarah dan Gambaran Desa Pesanggrahan, Kutorejo, Mojokerto? (2) Bagaimana Sejarah Masjid Baiturrahmah di Pesanggrahan, Kutorejo, Mojokerto? (3) Bagaimana Perkembangan Masjid Baiturrahmah Pesanggrahan?. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori Continuity and Changes dari John Obert Voll. Dimana teori ini memfokuskan tentang keberlanjutan dan perubahan suatu budaya. Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) Desa Pesanggrahan merupakan nama baru yang dipakai pada tahun 1993, sebelumnya Desa ini bernama Ketidur. Merupakan desa yang berada di Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. (2) Masjid Baiturrahmah merupakan Masjid yang didirikan pada tahun 1892 oleh Adipati Kromodjoyo Adinegoro. Masjid ini awalnya bernama MadyaPura kemudian berganti menjadi Baiturrahmah pada 1960 hingga sekarang. (3) Perkembangan Masjid Jami’ Baiturrahmah terjadi pada 2 hal: perkembangan dalam organisasi dan perkembangan secara fisik bangunan. perkembangan secara organisasi dibuktikan dengan adanya ketakmiran yang bertugas menjaga dan memelihara kemakmuran masjid. Sedangkan perkembangan fisik bangunan Masjid terlihat dari adanya penambahan-penambahan struktur bangunan mulai tahun 1920 hingga 1971.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Fanny Kiranafannydevi01@gmail.comA92219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah; Perkembangan; dan Masjid Jami' Baiturrahmah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fanny Kirana Devi
Date Deposited: 09 Jan 2024 21:26
Last Modified: 09 Jan 2024 21:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67271

Actions (login required)

View Item View Item