تحليل الخطاب النقدي في قصة الأطفال " عبد الله البري وعبد الله البحري " لكامل كيلاني على ضوء توين أ. فان دايك (Teun A. van Dijk)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islacha, Chikmatul (2023) تحليل الخطاب النقدي في قصة الأطفال " عبد الله البري وعبد الله البحري " لكامل كيلاني على ضوء توين أ. فان دايك (Teun A. van Dijk). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chikmatul Islacha_A01219009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chikmatul Islacha_A01219009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Cerpen Abdullah al-Barri dan Abdullah al-Bahri menceritakan tentang kisah persahabatan antara dua alam (darat dan laut). Cerita di dalam cerpen cenderung lebih singkat dan tidak memiliki banyak tokoh tapi bisa di ambil banyak pelajaran. Jadi, untuk bisa membongkar makna atau pesan komunikasi yang terdapat dalam suatu teks, diperlukan analisis wacana kritis sehingga dapat terbentuk makna yang harmonis dalam kalimat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam persahabatan antara “Abdullah al-Barri dan Abdullah al-Bahri” melalui tiga dimensi teks yaitu struktur makro, super struktur dan struktur mikro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana dalam pandangan Teun A. van Dijk yang bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks yang terkandung dalam teks cerita anak “Abdullah al-Barri dan Abdullah al-Bahri” Karya Kamil Kailani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita anak ini “Abdullah al-Barri dan Abdullah al-Bahri” terbagi menjadi tiga struktur yaitu struktur makro, super struktur dan struktur mikro. Pada struktur makro secara keseluruhan meliputi tema yang terkandung dalam cerita anak “Abdullah al-Barri dan Abdullah al-Bahri” Karya Kamil Kailani. Adapun pada super struktur, skema pada keseluruhan teks memiliki skema yang sistematis yakni diawali dengan pendahuluan, isi dan penutup. Sedangkan pada struktur mikro, terbagi menjadi empat bagian yaitu semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Pada bagian semantik terdiri atas latar, detail dan maksud. Pada bagian sintaksis terdiri atas koherensi, kata ganti dan bentuk kalimat. Pada bagian stilistik terdiri atas gaya bahasa. Serta pada bagian retoris terdiri atas grafis, metafora dan tanda baca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islacha, Chikmatulislachachikmatul@gmail.comA01219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorMustofa efendi, Nasikulnasihulme@gmail.com132101811755
Subjects: Dongeng
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Cerita Anak, Abdullah al-barri dan Abdullah al-Bahri; Kamil Kailani; Teun A. van Dijk.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Chikmatul Islacha
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:31
Last Modified: 10 Jan 2024 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67285

Actions (login required)

View Item View Item