Makna al kitab di dalam al Quran surah al Baqarah ayat 2: studi komparasi tafsir Mafatih Al Ghayb dan tafsir al Mishbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Yusron Fattah (2023) Makna al kitab di dalam al Quran surah al Baqarah ayat 2: studi komparasi tafsir Mafatih Al Ghayb dan tafsir al Mishbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Yusron Fattah Muhammad_E73219069 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Yusron Fattah Muhammad_E73219069 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian yang dilakukan ini, banyak terdapat kandungan Alquran sebagai petunjuk umat manusia. Dikarenakan kompleksnya kitab tersebut, Wahbah al-Zuhaili menyebutkan bahwa Alquran memiliki macam-macam nama, yakni al-Kitāb, al-Furqān, al-Nūr dan al-Muṣḥāf. Munculnya penelitian ini dilatar belakangi, bahwasanya terdapat hal menarik dalam surah al-Baqarah ayat 2, di antaranya adalah kata dzālika yang mana kata dzālika tersebut menunjukkan isim ishārah qarīb, bukan isim ishārah ba’īd, kata al-Kitāb dan kalimat hudan li al-Muttaqīna. Untuk penamaan dari kata al-Kitāb dalam konteks masa kini sering kali hanya dimaknai sebagai kitab suci, buku, tulisan, dan naskah (scripture) dikarenakan hanya dipandang pada wujud fisiknya dan tidak dipahami makna asalnya, sehingga banyak pernyataan yang mengartikan bahwa al-Kitāb merupakan kitab suci agama Islam saja. Kemudian dalam rumusan masalahnya, penelitian ini terdapat beberapa poin penting yang pertama, yakni bagaimana makna kata al-Kitāb di dalam surah al-Baqarah ayat 2 menurut Fakhruddin al-Rāzī dan M. Quraish Shihab, dan yang kedua bagaimana persamaan dan perbedaan makna kata al-Kitāb di dalam surah al-Baqarah ayat 2 menurut Fakhruddin al-Rāzī dan M. Quraish Shihab. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik dan berjenis penelitian kualitatif yang objek kajiannya ialah kitab tafsir Mafātīḥ al-Ghayb dan al-Mishbāh, serta menggunakan beberapa literasi lainnya. Kemudian metode yang dipakai yaitu metode komparasi. Selain itu, penelitian ini juga memakai analisis linguistik untuk membantu mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai lafadh yang akan diteliti. Sehingga penelitian ini akan berupaya mencari dan menemukan penjelasan tentang makna kata al-Kitāb di dalam dua kitab tafsir tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini adalah makna kata al-Kitāb secara istilah atau terminologi dalam penafsiran Fakhruddīn al-Rāzī adalah kitab yang mengabarkan (memberi berita) kepada para Nabi yang terdahulu dengan sesungguhnya Allah Swt akan menurunkan al-Kitāb kepada Nabi yang diutus dari anak keturunan Nabi Ismail yakni Nabi Muhammad dan al-Kitāb atau Kitab tersebut adalah “Kitab yang sempurna” dan yang telah menetap di Lawḥ al-Maḥfūẓ. Adapun menurut M. Quraish Shihab makna kata al-Kitāb adalah “Kitab yang sempurna” dan tidak ada keraguan padanya, lafadh Dzālika al-Kitāb sendiri oleh M. Quraish Shihab diterjemahkan dengan Inilah Alquran, tidak dimaknai dengan itulah Alquran yang huruf kata-katanya seperti Alīf, Lām, dan Mīm yakni (yang dimaksud huruf kata-katanya seperti Alīf, Lām, dan Mīm) tersebut adalah al-Kitāb, serta kandungan di dalam al-Kitāb berfungsi sebagai petunjuk bagi seluruh manusia kendati yang ngalap manfaatnya hanyalah orang-orang yang bertakwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Yusron Fattahyusronfattahmuhammad2@gmail.comE73219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohammadmyardho@gmail.com2110068501
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Al Kitab; komparasi; Mafatih al Ghayb; al Mishbah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yusron Muhammad
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:27
Last Modified: 19 Jan 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67286

Available Versions of this Item

  • Makna al kitab di dalam al Quran surah al Baqarah ayat 2: studi komparasi tafsir Mafatih Al Ghayb dan tafsir al Mishbah. (deposited 19 Jan 2024 03:27) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item