Analisis data hasil rukyatulhilal MAN 3 Kediri tahun 2020-2022 Masehi dengan digital image processing menggunakan aplikasi siril

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayogi, Fauzi (2023) Analisis data hasil rukyatulhilal MAN 3 Kediri tahun 2020-2022 Masehi dengan digital image processing menggunakan aplikasi siril. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauzi Suprayogi_C97217030 OK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
Fauzi Suprayogi_C97217030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan bentuk hasil penelitian pustaka (library research) dari hasil data rukyatulhilal MAN 3 Kediri dengan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode digital image processing pada data rukyatulhilal. Data yang dikumpulkan peneliti diperoleh melalui teknik dokumentasi. Kemudian hasil dari metode digital image processing dianalisis berdasarkan keberhasilan melihat hilal. Selain itu peneliti juga menggunakan pola pikir deduktif dalam menarik kesimpulan Hasil penelitian ini menyatakan metode digital image processing pada data rukyatulhilal dari MAN 3 Kediri menggunakan aplikasi Siril dengan file video dengan format file mp4. Pengolahan citra digital menggunakan aplikasi Siril memiliki langkah dengan mengubah video menjadi gambar, menumpuk citra atau stacking dan mengubah kontras citra yang sudah ditumpuk. Dari hasil pengolahan citra digital pada data rukyatulhilal dari MAN 3 Kediri belum membuahkan hasil yang memuaskan dikarenakan ada beberapa faktor seperti, ketinggian hilal yang mempengaruhi sudut pandang pengamat, format file mp4 yang kurang maksimal karena format tersebut sudah dikompresi, dan durasi video yang terlalu panjang memiliki gambar yang banyak jika diproses dan mengakibatkan kurang maksimal pada saat proses stacking. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan masukan kepada operator rukyatulhilal di MAN 3 Kediri agar file yang dihasilkan pada saat perekaman memiliki format yang lebih tinggi seperti format file avi dan durasi video dijadikan lebih pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayogi, Fauziyogisupra963@gmail.comC97217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Aplikasi Siril; Rukyatulhilal; Hisab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Fauzi Suprayogi
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:52
Last Modified: 16 Jan 2024 11:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67291

Actions (login required)

View Item View Item