الأفعال الإنجازية التوجيهية في رواية الأطفال "الأمير الصغير" لأنطوان دو سانت أكزوبيري في نظرية التداولية لسيرل

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Endah, Sofie Yopita Nur (2024) الأفعال الإنجازية التوجيهية في رواية الأطفال "الأمير الصغير" لأنطوان دو سانت أكزوبيري في نظرية التداولية لسيرل. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofie Yopita Nur Endah_03020120068 OK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
Sofie Yopita Nur Endah_03020120068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Novel "The Little Prince" karya Antoine de Saint-Exupéry yang merupakan penulis berkewarga negaraan Prancis yang diterbitkan pada tahun 1943 ini dianggap sebagai salah satu karya sastra anak berbahasa Prancis yang telah diterjemahkan ke dalam 300 bahasa selain bahasa Prancis dan telah tersebar sebanyak 140 juta copy hingga saat ini. Beberapa orang menganggap novel "The Little Prince" sebagai salah satu mahakarya sastra dunia yang tak terlupakan. Berbeda dengan karya sastra anak pada umumnya, karya Antoine de Saint-Exupéry dalam "The Little Prince" tidak hanya ditujukan khusus untuk anak-anak, melainkan untuk orang dewasa yang melupakan pengalaman masa kecil mereka, sehingga sulit bagi mereka memahami dunia pikiran dan perasaan anak-anak. Berdasarkan alasan di atas, peneliti tertarik untuk mengkaji sastra anak The Little Prince dari sisi tindak tutur ilokusi direktif beserta fungsinya. Oleh karena itu, rumusan masalah yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah 1) apa saja jenis tindak tutur ilokusi direktif pada novel anak The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupéry dalam Teori Pragmatik Searle karya Antoine de Saint-Exupéry dalam Teori Pragmatik Searle dan 2) apa fungsi tindak tutur ilokusi direktif pada novel anak The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupéry dalam Teori Pragmatik Searle. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apa saja jenis tindak tutur ilokusi direktif pada novel anak The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupéry dalam Teori Pragmatik Searle serta 2) mengetahui fungsi tindak tutur ilokusi direktif pada novel anak The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupéry dalam Teori Pragmatik Searle. Objek dalam penelitian ini adalah novel The Little Prince. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah dialog dalam novel The Little Prince berupa frasa dan kalimat beserta konteksnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan tulis. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, validasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil dalam penelitian ini, peneliti menemukan 1) 2 bentuk tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat pada novel The Little Prince yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung, dengan rincian 37 tindak tutur direktif langsung dan 5 tindak tutur direktif tidak langsung; dan 2) 5 fungsi tindak tutur ilokusi direktif yang terdapat dalam novel The Little Prince yaitu fungsi memohon, memerintah, menyarankan, melarang, dan menasihati dengan rincian: fungsi memohon 14 tuturan, fungsi memerintah 15 tuturan, fungsi menyarankan 4 tuturan, fungsi melarang 8 tuturan, dan fungsi menasihati 11 tuturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Endah, Sofie Yopita Nursofienur27@gmail.com03020120068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Anak
Bahasa Arab
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Tindak Tutur; Direktif; Novel Anak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sofie Yopita Nur Endah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:48
Last Modified: 10 Jan 2024 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67293

Actions (login required)

View Item View Item