Agama dan sepak bola: nuansa nilai-nilai Islami dalam Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Esty Alif (2024) Agama dan sepak bola: nuansa nilai-nilai Islami dalam Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Esty Alif Umami_07010220006 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Esty Alif Umami_07010220006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Islam dapat diartikan sebagai bentuk perwujudan dari agama yang intinya keesaan Tuhan atau tauhid. Hal tersebut merupakan ketetapan yang diamanahkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang berlaku bagi umat manusia. Agama Islam juga bisa dimaknai sebagai sebuah ketetapan yang ditetapkan oleh Allah SWT untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan kehidupan umat manusia yang searah dengan pemikirannya. Dalam melakukan kehidupan beragama dalam keseharian maka diperlukan adanya nilai nilai yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan pinsip serta hukum yang dapat kita anut. Nilai-nilai sendiri merupakan sesuatu yang menyangkut tekait masalah keyakinan atau kepercayaan terhadap apa yang diinginkan sehingga dapat memberikan corak pada tingkah laku. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa keislaman atau nilai-nilai Islam merupakan nilai-nilai dari akhlak agama Islam yang mempunyai keterkaitan antara Tuhan dengan seorang hamba. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis isi sebagai metodenya. Di samping itu, peneliti dalam penelitian ini memanfaatkan metode kualitaif dengan teknik dokumentasi untuk teknik pengumpulan datanya serta berita dari dua media yakni dari Republika dan CNN sebagai sumber data primernya. Untuk data sekundernya, peneliti menggunakan referensi dari jurnal-jurnal, artikel-artikel, dan dokumen-dokumen lain yang memiliki keterkaitan dengan judul peneliti dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa nuansa nilai-nilai islami yang terdapat pada penyelenggaraan piala dunia FIFA 2022 diantaranya pelarangan jual beli minuman beralkohol, menggunakan pakaian yang sopan untuk suporter atau penonton wanita, tersebarnya masjid di sekitar stadion penyelenggara sepak bola, dan masih banyak lagi. Dan penyebab atau alasan mengapa pemerintah Qatar menyelanggarakan ajang piala dunia ini menggunakan nuansa Islami itu karena lewat momentum ini pemerintah Qatar ingin memperkenalkan Islam dan keindahan ajarannya terkait cinta damai, kesetaraan, dan toleransi serta ingin menunjukkan dan menyangkal bahwa angapan dunia barat terkait Agama Islam selama ini itu salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Esty Alif07010220006@student.uinsby.ac.id07010220006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko@uinsby.ac.id2010117401
Subjects: Kerukunan Beragama
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Sepak Bola
Toleransi
Keywords: Agama; Nilai-nilai Islami; Sepak Bola; dan Piala Dunia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Esty Alif Umami
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:27
Last Modified: 10 Jan 2024 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67305

Actions (login required)

View Item View Item