Pengaruh tingkat pendapatan, kepercayaan dan pemahaman terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui unit pengelolaan zakat (UPZ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Ifa Nur (2023) Pengaruh tingkat pendapatan, kepercayaan dan pemahaman terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui unit pengelolaan zakat (UPZ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifa Nur Firdaus_G05219011.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ifa Nur Firdaus_G05219011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Tingkat Pendapatan, Kepercayaan dan Pemahaman terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui Unit Pengelola Zakat” dengan dilatar belakangi problematika yang terjadi pada masyarakat yakni masyarakat secara langsung membagikan zakat mereka kepada orang yang membutuhkan tanpa melalui unit pengelola zakat Yang mana dipengerahi beberapa faktor diantaranya tingkat pendapatan, kepercayaan dan pemahaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, kepercayaan dan pemahaman secara simultan dan parsial terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan membayar zakat pertanian melalui Unit Pengelola Zakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda, untuk mengetahui arah dan seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Jumlah populasi 200 menggunkaan teknik sampel accididental sampling yang berjumlah 100 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari pengisian kuesioner dan mengunakan bantuan analisis SPSS versi 25. Hasil penelitian yang didapatkan adalah variabel tingkat pendapatan dan pemahaman tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui Unit Pengelola Zakat. Sedangkan kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui Unit Pengelola Zakat. Dan pendapatan, kepercayaan dan pemahaman berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap minat masyarakat Desa Semampir Lamongan dalam membayar zakat pertanian melalui Unit Pengelola Zakat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan Unit Pengelola Zakat lebih gencar lagi dalam mengadakan penyuluhan, sosialisasi zakat pertanian dan menjaga kepercayaan muzaki agar masyarakat secara luas lebih faham dan tidak ragu untuk membayarkan zakatnya melalui UPZ dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan kembali penelitian ini lebih lanjut dengan menambah variabel bebas lainnya yang mempunyai pengaruh lebih besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Ifa Nurifanurfirdaus14@gmail.comG05219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsa.ac.id2002087603
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Tingkat pendapatan; kepercayaan; pemahaman dan minat masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ifa Nur Firdaus
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:41
Last Modified: 17 Jan 2024 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67323

Actions (login required)

View Item View Item