Fenomena Krismuha dalam pandangan Abdul Mu’ti: perspektif Hermeneutika Jorge Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nurul (2023) Fenomena Krismuha dalam pandangan Abdul Mu’ti: perspektif Hermeneutika Jorge Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Faizah_07020120048 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Faizah_07020120048 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang terjadinya interaksi yang intens atau persatuan antar umat Kristen dan Muhammadiyah yang terdapat pada buku Kristen Muhammadiyah. Interaksi antar umat Kristen dan Muhammadiyah ini ditemukan Abdul Mu’ti di daerah yang mayoritas Non Muslim. Dalam menganalisis fenomena Krismuha ini peneliti menggunakan teori hermeneutika Jorge Gracia. Dalam skripsi ini permasalahan utama adalah; pertama, bagaimana fenomena Krismuha dalam pandangan Abdul Mu’ti yang terdapat pada buku Kristen Muhammadiyah; kedua, bagaimana fenomena Krismuha tersebut dikaji menggunakan teori hermeneutika Jorge Gracia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Library Research. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ketertarikan Abdul Mu’ti untuk menulis buku Kristen Muhammadiyah ini karena persatuan antar umat Kristen dan Muhammadiyah ini terjadi tanpa adanya unsur keterpaksaan, melainkan adanya rasa kenyamanan dan keterbukaan, dengan tidak menghilangkan masing-masing identitas. Persatuan umat Kristen dan Muhammadiyah ini merupakan contoh yang dapat dijadikan motivasi bahwa hidup berdampingan dalam perbedaan dengan saling menghargai maka akan terjadi kedamaian dan kenyamanan antar sesama. Dari buku Kristen Muhammadiyah ini yang berisi tentang interaksi Kristen dan Muhammadiyah, ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah merupakan gerakan Islam yang menjunjung tinggi Pluralisme dan bersifat inklusivitas yang terbuka pada masyarakat dari luar Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nurulnurulfaiz38@gmail.com07020120048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com0704067302
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Fenomena Krismuha; Hermeneutika Jorge Gracia; Kristen Muhamamdiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nurul Nurul Faizah
Date Deposited: 11 Jan 2024 13:28
Last Modified: 11 Jan 2024 13:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67337

Actions (login required)

View Item View Item