Kajian living hadis riwayat Abu Dawud No.1441 tentang pelaksanaan qunut pada salat maghrib di Pondok Pesantren al Huda Ploso Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vikriya, wahidatul Nur Alifia (2024) Kajian living hadis riwayat Abu Dawud No.1441 tentang pelaksanaan qunut pada salat maghrib di Pondok Pesantren al Huda Ploso Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahidatul Nur Alifia Vikriya_07040520096.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Wahidatul Nur Alifia Vikriya_07040520096_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang peneitian ini ialah keunikan dari pondok pesantren Al-Huda Ploso Kab. Nganjuk yang mengamalkan qunut pada salat maghrib, yang mana jarang ditemui pada kehidupan sehari-hari. Qunut yang umumnya dilaksanakan pada salat subuh, namun pada pondok pesantren ini dilaksanakan juga pada salat maghrib. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan dilaksanakannya qunut pada salat maghrib dan bagaimana pelaksanaanya. Rumusan masalah penelitian ini ialah mengapa dilaksanakan qunut pada salat maghrib, serta bagaimana pelaksanaan qunut pada salat maghrib di Pondok Pesantren Al-Huda Ploso Nganjuk.dan analisis dari pelaksanaan qunut maghrib di Pondok Pesantren Al-Huda. Metode penelitian ini menggunakan living hadis, living hadis sendiri merupakan suatu penelitian yang menekankan pengamatan pada praktik, tradisi, ritual, atau perilaku yang muncul dalam masyarakat yang didasarkan pada hadis Nabi SAW. Kesimpulannya adalah qunut pada salat maghrib dilaksanakan karena di niatkan sebagai lidaf’il balak atau bisa disebut sebagai tolak balak, dengan maksud agar lingkungan pesantren terhindar dari hal-hal buruk yang kemungkinan akan menimpa ponpes Al-Huda. Dahulu qunut maghrib semat dihentikan selama kurang lebih 2 tahun oleh pihak ponpes namun dengan dihentikannya amalan tersebut akhirnya membuat lingkungan pondok tersebut kembali di timpa suatu musibah. Sehingga qunut maghrib kembali dijalankan hinnga sekarang. Qunut dilaksanakan setiap salat maghrib pada rakaat ke tiga salat dengan bacaan sama seperti qunut pada umumnya hanya saja ditambah dengan doa tolak balak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vikriya, wahidatul Nur Alifiaaviyavikriy05@gmail.com07040520096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Agama
Keywords: Qunut; qunut salat maghrib; living hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Wahidatul Nur Alifia Vikriya
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:10
Last Modified: 26 Jan 2024 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67369

Actions (login required)

View Item View Item