Hypnospiritual therapy dalam mengatasi stres bullying di SMA Tamansiswa Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaharani, Dwi Rizkika (2024) Hypnospiritual therapy dalam mengatasi stres bullying di SMA Tamansiswa Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rizkika Syaharani_07020620024.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Dwi Rizkika Syaharani_07020620024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (10MB)

Abstract

Fenomena bullying atau perundungan telah menjadi suatu hal yang sering terjadi dikalangan pelajar dan tidak memandang tingkatan dari sekolah tersebut. Terdapat banyak kasus bullying di Indonesia bahkan dari sekolah dasar (SD) hingga tingkat sekolah menengah ke atas (SMA) juga mengalami tindakan bullying ini. Akibat yang didapatkan dari perilaku tersebut adalah tekanan terhadap korban sehingga mengalami gangguan kesehatan mental salah satunya yaitu stres. Ketika korban mengalami stres, mereka akan sulit untuk fokus terhadap pelajaran akademik dan mengalami penurunan prestasi. Masalah inilah yang menjadi titik menarik bagi penulis untuk mengkaji pengaruh dari hipnospiritual terhadap korban bullying yang mengalami stres. Hipnospiritual merupakan gabungan antara hipnosis dan spiritual, dalam proses terapi yang dilakukan hipnospiritual memberikan terapi yang sama dengan proses hipnoterapi pada umumnya, tetapi yang membedakan dari proses hipnoterapi dan hipnospiritual adalah pemasukan sugesti yang mengarahkan korban bullying untuk menanamkan perilaku-perilaku positif dan penerimaan sesuai dengan Islam ajarkan seperti ikhlas, tawakkal, sabar, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan penyebaran kuesoner pre-test dan post-test kemudian dengan menggunakan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah hipnospiritual dapat membantu menurunkan tingkat stres dari para korban bullying yang berada di SMA Tamansiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaharani, Dwi RizkikaRizkikasyaharani@gmail.com07020620024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, NailatinNailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Remaja
Spiritualisme
Keywords: Bullying; hipnospiritual; stres
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dwi Rizkika Syaharani
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:29
Last Modified: 05 Feb 2024 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67376

Actions (login required)

View Item View Item