Studi tentang pemikiran sufistik KH. Agoes Ali Masyhuri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Mas Nurul (2024) Studi tentang pemikiran sufistik KH. Agoes Ali Masyhuri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Nurul Aini_ 07040620081 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mas Nurul Aini_ 07040620081 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Tasawuf adalah suatu cabang mistisisme Islam yang berfokus pada pengembangan dimensi spiritual dan hubungan pribadi seseorang dengan Tuhan, sedangkan Neosufisme adalah pembaharuan sufisme dalam Islam atau suatu pendekatan baru dalam tradisi sufisme yang merupakan aliran mistis dalam Islam. Penelitian skripsi ini menjelaskan masalah, Bagaimana pemikiran sufistik KH.Agoes Ali Masyhuri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi biografi dengan tujuan untuk mengetahui corak pemikiran sufistik KH.Agoes Ali Masyhuri. Subjek dalam penelitian ini adalah KH. Agoes Ali Masyhuri dan pemikiran sufistiknya. Hasil dari penelitian ini adalah Gus Ali terinspirasi dengan pemikiran sufistik al-Ghazali, namun dengan mereinterpretasikan pemikirannya sendiri yang lebih dinamis sehingga dapat menjadi solusi bagi umat, terutama umat modern. Beberapa karakteristik utama neosufisme yang tercermin dalam pemikiran Gus Ali melibatkan pendekatan yang moderat, penolakan terhadap ekstremisme, dan fokus pada nilai-nilai maslahah, manfaat dan kedamaian. Gus ali dikatakan sebagai tokoh yang memiliki corak pemikiran neosufisme yang mencerminkan pendekatan yang inklusif, solutif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi dinamika zaman modern

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Mas Nurul07040620081@student.uinsby.ac.id07040620081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Tasawuf
Keywords: Tasawuf; neosufisme; KH.Agoes Ali Masyhuri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mas Nurul Aini
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:51
Last Modified: 18 Jan 2024 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67392

Actions (login required)

View Item View Item