Konservasi lingkungan di Masjid Al Akbar Surabaya dalam perspektif ekoteologi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Dinda Oktaviani (2023) Konservasi lingkungan di Masjid Al Akbar Surabaya dalam perspektif ekoteologi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Oktaviani Azzahra_07040220058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dinda Oktaviani Azzahra_07040220058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tuhan menciptakan alam semesta dan manusia untuk menjaga serta mengelola lingkungan. Namun, tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, degradasi lahan, dan polusi semakin kronis. Data Badan Riset Inovasi Nasional mencatat puncak kemarau di Oktober 2023 mencapai 43 derajat Celcius. Jawa Timur, lumbung pangan nasional, mengalami alih fungsi lahan pertanian. Surabaya menempati peringkat ketujuh polusi udara tertinggi di Indonesia, dengan limbah rumah tangga menyumbang 80% polusi air. Masjid Al Akbar Surabaya terlibat aktif dalam konservasi lingkungan, melibatkan taman terbuka hijau, PLTS, IPAL, dan pengelolaan limbah qurban. Studi ini mengkaji implementasi ekoteologi Islam dalam upaya konservasi, menjawab dua rumusan masalah, yaitu implementasi upaya konservasi dan ekoteologi Islam di masjid tersebut. Melalui metode induktif, pendekatan teologi, dan penelitian kualitatif, hasilnya menunjukkan implementasi ekoteologi Islam didasarkan pada prinsip tauhid, fitrah, mizan, dan khalifah, mencakup pendidikan tauhid, pengelolaan limbah, kegiatan keagamaan, pemberdayaan ekonomi berkelanjutan, penanaman pohon, dan kampanye kesadaran lingkungan. Penelitian ini menggambarkan harmoni antara manusia dan alam melalui konservasi lingkungan di Masjid Al Akbar Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Dinda Oktavianidoazzahra05.dd@gmail.com07040220058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNisa, Khalimatukhalimatunisa@gmail.com--
Subjects: Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Ekologi
Keywords: Konservasi lingkungan; institusi keagamaan; ekoteologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dinda Oktaviani Azzahra
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:17
Last Modified: 05 Feb 2024 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67395

Actions (login required)

View Item View Item