Isti'jal ketika berdoa dalam perspektif hadis: kajian ma'anil hadis Sunan Abu Daud no indeks 1484

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Aini, Anggun Qurrota (2023) Isti'jal ketika berdoa dalam perspektif hadis: kajian ma'anil hadis Sunan Abu Daud no indeks 1484. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Qurrota 'Aini_07020520031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anggun Qurrota 'Aini_07020520031_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku isti’ja>l atau tergesa-gesa ketika berdoa saat ini banyak terjadi di kalangan masyarakat umum. Padahal dalam hadis riwayat Sunan Abu Daud nomor indeks 1484 sudah diterangkan dengan jelas bahwa doa seseorang akan sulit dikabulkan apabila ia tergesa-gesa ketika berdoa. Pada penelitian hadis tentang isti’ja<l ketika berdoa ini akan di korelasikan dengan faktor-faktor yang menyebabkan seseorang tergesa-gesa ketika berdoa. Faktor faktor tersebut adalah rasa keputusasaan seseorang ketika merasa doanya lama dikabulkan bahkan tidak sesuai dengan apa yang ia doakan. Penelitian ini memiliki fokus kajian pada kritik sanad dan matan hadis serta ilmu ma’anil hadis yang digunakan untuk memaknai hadis secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode library research dengan cara mengumpulkan jurnal, kitab, buku serta literature lainnya untuk mempermudah dalam proses penelitian dan sebagai sumber pengumpulan data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, kualitas hadis tentang isti’ja>l ketika berdoa riwayat Sunan Abu Daud memiliki kualitas hadis s{ah{ih{ lidha<tihi. Pemaknaan dari hadis riwayat Sunan Abu Daud nomor indeks 1484 memiliki maksud bahwa Allah SWT melarang dengan tegas perilaku tergesa-gesa ketika berdoa apabila ingin cepat dikabulkan doanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Aini, Anggun Qurrotaainianggunqurrota@gmail.com07020520031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Adab
Keywords: Sunan Abu Daud; isti’jal; berdoa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Anggun Qurrota 'Aini
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:21
Last Modified: 05 Feb 2024 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67396

Actions (login required)

View Item View Item