Analisis maqaṣid al-shari’ah terhadap pemberdayaan perempuan dalam home industry kopyah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Maulana Syarifuddin (2024) Analisis maqaṣid al-shari’ah terhadap pemberdayaan perempuan dalam home industry kopyah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Syarifuddin Hidayat_08020420059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Maulana Syarifuddin Hidayat_08020420059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran perempuan cukup besar utamanya bagi ketahanan ekonomi baik secara nasional maupun domestik. Kemandirian perempuan secara ekonomi merupakan sebuah upaya menaikkan derajat dan harga dirinya demi menyelamatkan perempuan dari kemiskinan, ketertindasan, juga keterbelakangan. Penelitian ini berjudul “Analisis Maqaṣid Al-Shari’ah Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dalam Home Industry Kopyah Di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik”. Rumusan masalah yang dikaji ialah (a) bagaimana pemberdayaan perempuan dalam home industry kopyah Desa Bungah, dan (b) bagaimana analisis maqaṣid al-shari’ah terhadap pemberdayaan perempuan dalam home industry kopyah Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Tujuannya ialah untuk mengetahui pemberdayaan perempuan dalam home industry kopyah Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik serta untuk mengetahui pandangan dari maqaṣid al-shari’ah-nya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif peneliti berusaha mengamati fenomena yang terjadi di lapangan menyangkut home industry kopyah terkait upaya pemberdayaan perempuan. Lokasi penelitian ini ialah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa home industry kopyah di Desa Bungah dalam hal pemberdayaan perempuan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan dan tahap pendayaan. Tahap penyadaran dilakukan dengan sosialisasi oleh pemilik usaha kopyah kepada para pekerja perempuan di Desa Bungah; tahap pengkapasitasan dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para pekerja perempuan; dan tahap pendayaan dilakukan dengan memberdayakan perempuan dengan menjadikan sebagai pekerja kopyah dengan tetap dalam pantauan dan pengawasan pengusaha kopyah. Proses pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh home industry kopyah di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik telah memenuhi lima unsur pokok dalam maqaṣid al-shari’ah. Kelima unsur pokok tersebut yakni pemeliharaan agama (ḥifẓ al-dīn), jiwa (ḥifẓ al-nafs), akal (ḥifẓ al-aql), keturunan (ḥifẓ al-nasl), dan harta (ḥifẓ al-māl). Bagi home industry kopyah di Desa Bungah diharapkan untuk terus mempertahankan kegiatan pemberdayaan perempuan, yaitu mempekerjakan perempuan dalam kegiatan usahanya. Bagi perempuan pekerja kopyah diharapkan bisa tetap aktif, kreatif dan meningkatkan kualitas kerja sehingga hasil produksi kopyahnya membaik. Bagi pemerintah diharapkan ikut menentukan kebijakan yang berpihak pada perempuan, utamanya dalam dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan pada home industry kopyah di Desa Bungah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Maulana Syarifuddinsyarifbungah@gmail.com08020420059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsa.ac.id2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Industri RumahTangga
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Maqaṣid al-shari’ah; pemberdayaan perempuan; home industry kopyah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulana Syarifuddin Hidayat
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:01
Last Modified: 17 Jan 2024 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67403

Actions (login required)

View Item View Item