Nilai-nilai sufistik Kh. Much. Imam Chambali dan relevansinya bagi kehidupan modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kafi, Azka Hilmi (2023) Nilai-nilai sufistik Kh. Much. Imam Chambali dan relevansinya bagi kehidupan modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azka Hilmi Kafi_E97219059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Azka Hilmi Kafi_E97219059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Krisis kemanusiaan yang massive ada di kehidupan masyarakat modern adalah sebab dari kekeringan spiritual sehingga banyak menyebabkan tekanan pada batin sehingga menggiring masyarakat modern menuju titik terendah dalam kemelut nurani kemanusiaannya. Hal inilah yang menyeret manusia ke krisis eksistensi yang berimbas pada kebiasan tujuan serta makna hidup. Dari sinilah yang kemudian mendorong manusia untuk menemukan cara untuk bisa mengatasi dan meningkatkan resistensinya terhadap tekanan kehidupan yang semakin brutal ini. Aktualisasi diri dengan sufisme merupakan jawaban yang mampu meningkatkan tingkat kebahagiaan bagi manusia; sebab, dengan ini aktualisasi diri dapat dipandang sebagai cara untuk pengendalian diri. Aktualisasi diri melalui sufisme pasti memerlukan seorang pembimbing yang telah paripurna dengan segala potensi ke-ruwet-an pribadi. Dalam tasawuf sesorang yang sedang melakukan pencarian perlu memiliki seorang penuntun yang mampu membimbing dan menunjukkan jalan menuju kebahagiaan yang langgeng dalam melalui kehidupan. KH. Much. Imam Chambali merupakan seorang guru yang dapat dijadikan panutan dalam menjalani kehidupannya. Dengan mengetahui nilai-nilai sufistik dan konsep nilai-nilai sufistiknya akan mengantarkan manusia modern mampu menghadapi tantangan kehidupan modern. 1. Bagaimana nilai sufistik KH. Much. Imam Chambali dan 2. Bagaimana konsep nilai-nilai sufistik beliau yang akan dibahas dalam karya ini merupakan rumusan masalah yang akan diteliti. Penelitian ini dikemas dengan memanfaatkan metode penelitian lapangan serta dilengkapi dengan metode kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan biografi, kelengkapan lebih lanjut dikaji dengan melakukan wawancara dan observasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkap nilai-nilai sufistik KH. Much. Imam Chambali dan mengetahui konsep dari nilai-nilai sufistik beliau yang relevan bagi kehidupan modern. 1. Diantara nilai-nilai sufistik beliau yang relevan bagi kehidupan modern adalah tentang qanaah, sabar, syukur dan menghormati orang tua. 2. Penerimaan atas segala yang diberikan oleh Allah merupakan cara bersikap dan mengejawantahkan sikap qanaah menerima dengan penuh rasa syukur dan sabar atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan termasuk didalamnya menghormati orangtua. Nilai sufistik KH. Much. Imam Chambali memiliki relevansi yang tinggi bagi kehidupan modern dan nilai yang beliau sampaikan dapat menjadi pedoman bagi manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kafi, Azka Hilmikaffazka@gmail.comE97219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Biografi
Tasawuf
Keywords: Nilai-nilai sufistik; kehidupan modern; KH. Much. Imam Chambali
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: AZKA HILMI KAFI
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:40
Last Modified: 19 Jan 2024 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67408

Actions (login required)

View Item View Item