Tradisi gowoan: selametan menjelang kelahiran bayi di Desa Gajah, Baureno, Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtaza, Ailin (2023) Tradisi gowoan: selametan menjelang kelahiran bayi di Desa Gajah, Baureno, Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ailin Mumtaza_03010220003 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ailin Mumtaza_03010220003 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana kondisi sosial religius Desa Gajah Baureno Bojonegoro? (2) Bagaimana prosesi tradisi gowoan di Desa Gajah Baureno, Bojonegoro? (3)Bagaimana makna dan respon masyarakat Desa Gajah terhadap tradisi gowoan? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan analisis data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi simbolik dengan teori tafsir kebudayaan Clifford Geertz dan teori liminalitas Victor Turner. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, Desa Gajah berada di wilayah Bojonegoro bagian timur. Sampai saat ini, banyak tradisi keagamaan yang tetap dilakukan masyarakat Desa Gajah. Kedua, proses tradisi gowoan dimulai dengan penentuan hari, dilanjutkan dengan mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan terdiri dari berkatan, tikar, dan alu. Lalu ritual tradisi gowoan terdiri dari pembacaan al-Fatihah, doa, dan diakhiri dengan penarikan alu dan tikar keluar rumah. Ketiga, makna tradisi gowoan adalah untuk meminta kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam proses persalinan. Respon masyarakat terhadap tradisi gowoan pun cukup positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtaza, Ailinailintaza22@gmail.com03010220003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMughni, Syafiq A.mughni54@yahoo.com2015065401
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Akulturasi
Antropologi Budaya
Adat
Keywords: Selametan; tradisi; gowoan; kehamilan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ailin Mumtaza
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:26
Last Modified: 17 Jan 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67418

Actions (login required)

View Item View Item