Produktivitas DPRD Bangkalan dalam pembentukan Perda periode 2019-2024 ditinjau dari As-Siyāsah Asy-Syar’iyyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hananah, Zulfiatul (2023) Produktivitas DPRD Bangkalan dalam pembentukan Perda periode 2019-2024 ditinjau dari As-Siyāsah Asy-Syar’iyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfiatul Hananah_05020420053 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zulfiatul Hananah_05020420053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu fungsi dibentuknya DPRD yaitu untuk pembentukan Perda. Fungsi pembentukan Perda dilaksanakan dengan tiga cara: pertama, Menyusun Propemperda bersama Bupati, kedua Membahas bersama bupati dan menyetujui atau tidak menyetujui rancangan Perda, ketiga Mangajukan usul rancangan Perda. Dalam penelitian ini yang berjudul: Produktivitas DPRD Bangkalan dalam pembentukan Perda Periode 2019-2024 ditinjau dari As-Siyāsah Asy-Syar‟iyyah. Riset ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: Pertama, bagaimana produktivitas pembentukan Raperda Kab. Bangkalan yang digagas oleh DPRD Kabupaten Bangkalan dalam pembentukan Perda Periode 2019-2024; Kedua, bagaimana tinjauan As-Siyāsah Asy-Syar‟iyyah terhadap produktivitas DPRD Kabupaten Bangkalan dalam pembentukan Perda Periode 2019-2024. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian empiris (field research). Penelitian ini juga bisa disebut dengan penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, artinya peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun alasan dalam menggunakan metode kualitatif yaitu ingin menggambarkan kinerja Legislasi dalam produktivitas DPRD Bangkalan untuk pembentukan Perda periode 2019-2024 yang ditinjau dari As-Siyāsah Asy-Syar‟iyyah secara utuh berdasarkan data dan fakta yang diperoleh yang kemudian dianalisis secara detail. Dan teknik analisis data menggunakan deskriptif induktif yang selanjutnya disusun secara sistematis Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, bahwa produktivitas DPRD Bangkalan dalam pembentukan Perda Periode 2019-2024 jika dilihat dari Propemperda DPRD Bangkalan Periode 2019-2024 belum maksimal. Sebab pada Periode 2019-2024 Perda yang dihasilkan setiap tahunnya menurun. Tapi dalam komunikasinya dengan Pemerintah Daerah, DPRD Bangkalan berkomunikasi dengan baik dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Serta keduanya melaksanakan prinsip checks and balances dalam pembentukan suatu Peraturan Daerah. Kedua, jika ditinjau dari As-Siyāsah Asy-Syar‟iyyah belum berjalan diatas prinsip kemaslahatan umat seperti yang tertuang pada konsep As-Siyāsah Asy-Syar‟iyyah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan pertama, Sebaiknya DPRD Kabupaten Bangkalan perlu meningkatkan Produk hukum/Perda guna membangun Kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengatur dan menata kehidupan masyarakat agar lebih tertib dan tentram. kedua, Sebaiknya Pemerintah Kabupaten Bangkalan perlu memperhatikan aspirasi masyarakat yang penting untuk dijadikan sebuah Perda. Sebagai perwujudan untuk mensejahterakan masyarakat dengan memperhatikan apa yang diperlukan oleh masyarakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hananah, Zulfiatulzulfiatulhananah@gmail.com05020420053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadsurahyasin@uinsby.ac.id2027076702
Subjects: Pemerintahan Legislatif > Dewan Perwakilan Rakyat
Kebijakan Publik
Negara Islam
Pemerintahan Legislatif
Keywords: DPRD; Perda; Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Zulfiatul Hananah
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:22
Last Modified: 19 Jan 2024 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67425

Actions (login required)

View Item View Item