Muhasabah al Nafs Ibnu Qayyim dalam mengatasi frustasi eksistensial pada Santri al Mardliyyah Bahrul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Billah, Mas Riska Izzah (2024) Muhasabah al Nafs Ibnu Qayyim dalam mengatasi frustasi eksistensial pada Santri al Mardliyyah Bahrul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Riska Izzah Billah_07020620039 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mas Riska Izzah Billah_07020620039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Frustasi eksistensial adalah tahap awal dari sindrom ketidakbermaknaan hidup yang dialami oleh seseorang karena tidak dapat menemukan makna hidupnya, namun frustasi eksistensial tanpa adanya gejala klinis tertentu bukanlah sebuah penyakit dalam pengertian klinis, melainkan hanya sebuah penderitaan batin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas muhasabah al nafs Ibnu Qayyim al Jauziyyah dalam mengatasi frustasi eksistensial mencari jawab atas pertanyaan 1) apa yang dimaksud dengan frustasi eksistensial dan muhasabah al nafs Ibnu Qayyim al Jauziyyah?, 2) bagaimana efektifitas muhasabah al nafs Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam mengatasi frustasi eksistensial?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods dengan analisis data kuantitatif statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri PPP. Al Mardliyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sebanyak 20 subjek. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya kecenderungan peningkatan skor post-test dan perubahan kategori makna hidup yang awalnya berada di kategori rendah menjadi sedang pada kelompok eksperimen serta kecenderungan penurunan pada skor post-test dan kategori makna hidup yang awalnya sedang menjadi rendah pada kelompok kontrol, perubahan ini menunjukkan bahwa muhasabah al-nafs Ibnu Qayyim al-Jauziyyah memberikan pengaruh kepada makna hidup santri PPP. Al-Mardliyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, sehingga dapat dikatakan bahwa muhasabah al-nafs Ibnu Qayyim al-Jauziyyah efektif dalam mengatasi frustasi eksistensial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Billah, Mas Riska Izzahbellamasrizkaizzah@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikoterapi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Frustasi eksistensial; Terapi; Muhasabah Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mas Riska Izzah Billah
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:08
Last Modified: 17 Jan 2024 14:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67430

Actions (login required)

View Item View Item