Nilai spiritualisme islam dalam upacara Mendhem Golekan tradisi Suroan di Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sekarsari, Fira Nadiar (2023) Nilai spiritualisme islam dalam upacara Mendhem Golekan tradisi Suroan di Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Nadiar Sekarsari_07020620028 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fira Nadiar Sekarsari_07020620028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah tradisi yang ada di desa Kandangan yang terletak di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, yakni tradisi mendhem golekan. Tradisi yang dilaksanakan bertepatan bulan suro merupakan tradisi warisan yang ada sejak zaman Ki Raden Sengkopuro. Melalui metode Field Research kualitatif dengan menggunakan wawancara serta pendekatan etnografi. Penulis mencoba menggali data tentang apa saja praktik yang memiliki nilai-nilai spiritualisme yang terdapat pada tradisi mendhem golekan. Meskipun pada awalnya tradisi tersebut jauh dari nilai ajaran Islam, namun melalui perjuangan tokoh muslim yang bernama Kyai Imam Faqih dan Abdul Qohar dalam berdakwah memperkenalkan ajaran Islam kepada warga desa Kandangan berupa ritual keagamaan, meditasi dan do’a. Hal ini menyebabkan pembauran ajaran Islam terhadap budaya lokal. Hasil penelitian yang menujukkan bahwa pada tradisi mendhem golekan memiliki nilai spiritualisme Islam dan diaplikasikan pada pelaksanaan tersebut seperti slametan, ziarah, kirab, sedekah bumi dihadiri oleh masyarakat dan berkumpul menjadi suatu ajang silahturahmi hal itu juga termasuk nilai spiritualisme Islam sebagai bentuk habluminannas.Keterlibatan peneliti sebagai wadah untuk mengumpulkan data yang ditemukan pada masyarakat agar dapat diolah sebagai tulisan. Kekurangan penelitian ini peneliti tidak menemukan data anggota keluarga yang masih hidup atau yang masih tinggal di desa Kandangan untuk sebagai narasumber utama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sekarsari, Fira Nadiarfiraf909@gmail.com07020620028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJafar, Suhermantosuhermantojafar@gmail.com2020086701
Subjects: Budaya - Agama
Spiritualisme
Tradisi Islam
Keywords: Nilai Spiritualisme; Budaya Lokal; Mendhem Golekan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fira Nadiar Sekarsari
Date Deposited: 21 Jan 2024 11:03
Last Modified: 21 Jan 2024 11:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67434

Actions (login required)

View Item View Item