السلام في شعر "سلام عليكم" لأنيس شوشان: دراسة تحليلية سيميائية لريفاتير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

As'ad, Jinani Firdausi (2024) السلام في شعر "سلام عليكم" لأنيس شوشان: دراسة تحليلية سيميائية لريفاتير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jinani Firdausi As'ad_03010120014 OK.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Jinani Firdausi As'ad_03010120014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Puisi Salamun ‘Alaikum karya Anis Chouchene merupakan puisi yang sangat menarik untuk dikaji karena didalamnya memuat tentang perdamaian yang pernah hilang dari tanah Tunisia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan keutuhan makna (signifikansi) dalam puisi Salamun ‘Alaikum karya Anis Chouchene. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Riffaterre. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi teks, penentuan sumber data, serta pembacaan teks secara berulang-ulang. Analisis data dilakukan dengan (1) pembacaan heuristik, (2) pembacaan hermeneutik, (3) menentukan matriks. Hasil penelitian dari puisi yang berjudul Salamun ‘Alaikum dapat disimpulkan menjadi tiga; (1) melalui pembacaan heuristik puisi Salamun ‘Alaikum merupakan puisi yang menggunakan kalimat yang mudah dipahami dengan menggunakan majas personifikasi serta banyak menggunakan kalimat taukid sebagai penegas pendapat penyair, sehingga dari pembacaan heuristik ini peneliti dapat mengetahui bahwa bahasa yang dipakai penyair dalam puisi Salamun ‘Alaikum merupakan bahasa yang indah dan penuh akan makna, (2) melalui pembacaan hermeneutik puisi ini merupakan puisi yang dibuat oleh penyair karena adanya peristiwa rasisme yang terjadi di Tunisia dan puisi ini merupakan salah satu sarana penyair mengungkapkan apa yang ia rasakan serta mengungkapkan tindakan yang seharusnya dilakukan warga Tunisia, (3) sedangkan matrik pada puisi ini adalah semangat perdamaian yang ingin disampaikan oleh penyair kepada khalayak umum, khususnya penduduk Tunisia yang pada saat itu masih kental dengan rasisme. Sehingga melalui puisi tersebut penyair berharap bahwa rasisme di Tunisia akan segera berakhir dan dapat hidup dengan damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
As'ad, Jinani Firdausijinanifirda17@gmail.com03010120014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalyusuf@uinsa.ac.id2006067901
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Adab
Kesusastraan
Konflik sosial
Keywords: Perdamaian; Puisi Salamun ‘Alaikum; Anis Chouchene; Semiotika Riffatere
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jinani Firdausi As'ad
Date Deposited: 17 Jan 2024 21:06
Last Modified: 17 Jan 2024 21:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67435

Actions (login required)

View Item View Item