Moderasi beragama minoritas muslim internasional di Buffalo State University perspektif Muhammad Abduh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Mohammad Hayyi Syafwan (2024) Moderasi beragama minoritas muslim internasional di Buffalo State University perspektif Muhammad Abduh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Hayyi Syafwan Husna_07040120078 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mohammad Hayyi Syafwan Husna_07040120078 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini sesungguhnya berasal dari pengalaman peneliti yang saat itu sedang belajar di Buffalo State University. Kampus ini terletak di kota Buffalo, yang merupakan kota multikultural dan multireligius. Hal ini memberikan kesempatan bagi peneliti untuk belajar dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang agama. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah yaitu, pertama Bagaimana moderasi beragama ala minoritas Muslim internasional di Buffalo State University? kedua, Bagaimana analisis moderasi beragama dari minoritas Muslim internasional di Buffalo State University perspektif Muhammad Abduh? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara kepada anggota komunitas. Penelitian ini menemukan bahwa pertama, moderasi beragama pada komunitas ini adalah sikap toleransi antarumat beragama dan terbuka kepada siapa saja dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas tersebut. Kedua, sikap moderasi beragama komunitas ini sesuai konsep yang dikemukakan oleh Muhammad Abduh problematika yang dihadapi ketika mendapatkan diskriminasi dari agama lain. Sikap tenang dan tidak ikut campur dalam masalah orang lain menunjukkan bukti bahwa mereka telah menerapkan moderasi beragama, juga bersikap netral tidak memihak kepada pihak manapun adalah sikap yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Mohammad Hayyi Syafwanhayyisyafwan572@gmail.com07040120078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Sahalmuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Filsafat > Filsafat Islam
Toleransi
Keywords: Moderasi beragama; komunitas muslim; internasional
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mohammad Hayyi Syafwan Husna
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:15
Last Modified: 01 Feb 2024 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67438

Actions (login required)

View Item View Item