Tren londo iha (kawin lari) di kalangan remaja Desa Samili, Kecamatan Woha Kabupaten Bima

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Senjaya, Tiara (2023) Tren londo iha (kawin lari) di kalangan remaja Desa Samili, Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Senjaya_10040320101.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tiara Senjaya_10040320101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Tren Londo Iha (Kawin Lari) yang terjadi di Kalangan Remaja Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. (1) Mengapa keputusan Londo Iha (Kawin Lari) menjadi pilihan hidup bagi kalnagn remaja Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, (2) Apa faktor yang melatar belakangi terjadinya tren Londo Iha (Kawin Lari) dikalangan remaja Desa Samili, Kecamatan Woha, kabupaten Bima, (3) Bagaimana dampak akibat terjadinya tren Londo Iha (Kawin Lari) di kalangan remaja Desa Samili, Kecamatan Woha, kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Dimana penelitian mendeskripsikan hasil penelitian lapangan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunaka dalam melihat fenomena ini adalah teori Pilihan Rasional James Coleman yang menjelaskan bagaimana aktor memiliki tujuan dengan melakukan tindakan Londo Iha (Kawin Lari) dan tindakan tersebut memiliki nilai serta prefensi pada tingkat rasionalitas. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadinya Tren Londo Iha (kawin lari) terjadi karena adanya tindakan yang dilakukan oleh remaja yang ingin menikah tetapi terhalang beberapa faktor salah satunya ialaha faktor kedua orang tua, faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor lingkungan atau pergaulan bebas. Karena terjadi beberapa faktor tersebut menjadikan remaja memilih untuk melakukan tindakan Londo Iha (Kawin Lari). tindakan yang dilakukan ialah karena pilihan dari seorang remaja yang ingin menikah, jadi jalan satu-satunya yang ditempuh oleh para remaja yang ingin menikah ketika terha;ang beberapa faktor ialah dengan melakukan tindakan Londo Iha (Kawin Lari). karena Londo Iha (kawin lari) merupakan jalan alternatif yang ditempuh agar dapat menikah dengan cepat dan tidak terhalang oleh beberapa faktor penghambat, sehingga remaja banyak yang melakukan tindakan Londo Iha (kawin lari). Terjadinya Tren Londo Iha (Kawin Lari) ini menyebabkan terjadinya dambak bagi remaja serta masyarakat yang berada di Desa Samili, Kecamatan Woha, kabupaten Bima NTB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Senjaya, TiaraImedintiarasenjaya@gmail.com10040320101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti UmdatulIvayuliyanti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Sosiologi
Keywords: Tren; londo iha (kawin lari); kalangan remaja; faktor penyebab
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Tiara Senj Tiara Senjaya
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:09
Last Modified: 05 Feb 2024 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67439

Actions (login required)

View Item View Item