التضاد في الأخبار العربية عن التعارض بين فلسطين وإسرائيل (دراسة علم الدلالة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barnabila, Muhammad Kesit (2024) التضاد في الأخبار العربية عن التعارض بين فلسطين وإسرائيل (دراسة علم الدلالة). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Kesit Barnabila_03020120058 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Kesit Barnabila_03020120058 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Antonimi merupakan salah satu relasi makna yang ada dalam kajian ilmu dilalah (Semantik), Antonim banyak ditemukan di dalam Al-Qur’an, Hadis, dan juga karya sastra baik berupa syair maupun prosa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian berupa tiga Berita Arab yaitu Al Arabiyah, CNN Arabic, dan Aljazera yang berita tersebut membahas tentang konflik antara Palestina dan Israel. Di dalam Berita-berita tersebut peneliti menemukan banyak jenis tadhad yang ada dalam teks, sehingga peneliti menggunakan teori ilmu dilalah (semantik) khususnya Antonimi dalam penelitiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana saja letak Antonim dan macam -macam Antonim dalam berita-berita tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa teks berita tentang konflik antara Palestina dan Israel yang didalamnya terdapat Antonim dan data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel, kamus, dan kitab-kitab yang berkaitan dengan penelitian yang dibahas.Hasil dari penelitian dalam berita-berita Arab (Al Arabiyah, CNN Arabic, dan Aljazera) peneliti menemukan enampuluh delapan teks yang di dalamnya terdapat Antonim, dan di dalam teks – teks tersebut peneliti menemukan tujuh puluh lima Antonim, yang diantaranya adalah tiga Antonim Vertikal, empat Antonim Ekstensional, sembilan Antonim Biner, lima Antonim Bertingkat, dua belas Antonim Kutub, enam Antonim Bagian, enam Antonim Urutan, tiga belas Antonim Putaran, dan tujuh belas Antonim Afiniti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barnabila, Muhammad Kesitbarnabila03@gmail.com03020120058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorMuhamad Sodiq, Machfudgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Antonimi; Berita Arab; Palestina dan Israel
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Kesit Barnabila
Date Deposited: 17 Jan 2024 21:35
Last Modified: 17 Jan 2024 21:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67442

Actions (login required)

View Item View Item