Analisis hukum Islam terhadap transaksi utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiatama, Yudha (2023) Analisis hukum Islam terhadap transaksi utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yudha Afiatama_05020220080 OK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Yudha Afiatama_05020220080 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Transaksi Utang piutang Dengan Pembayaran Menggunakan Barang Kredit di Desa Bangilan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana praktik utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap transaksi utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah melalui wawancara dengan salah satu pedagang selaku kreditur dan beberapa debitur yang terkait yang didukung dengan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis menggunakan teknik deskriptif analitif yang menggunakan pola pikir induktif, dengan sumber acuan utama yang digunakan adalah fikih al-qard. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, praktik utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban terjadi karena adanya keadaan mendesak seseorang. Adanya kondisi yang menyebabkan muqtarid tidak mampu untuk membayar, berakhir memberikan solusi kepada pihak muqrid untuk mengganti pembayaran dengan barang kredit berdasarkan kesepakatan bersama. Berdasarkan analisis hukum Islam praktik utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit di Desa Bangilan Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban tersebut telah sesuai dengan ketentuan Hukum Islam. Praktik tersebut telah memenuhi syarat dan rukun qard mulai dari para pelaku, objek yang diserah terimakan, dan ijab qabul. Selain itu praktik ini juga memenuhi prinsip-prinsip muamalah. Sejalan dengan kesimpulan tersebut, adapun saran untuk masyarakat Bangilan, khususnya pihak yang menerapkan praktik utang piutang dengan pembayaran menggunakan barang kredit, diharapkan memahami dengan jelas syarat dan ketentuan dalam pembayaran. Perlu diperhatikan penentuan objek transaksi agar tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusak akad dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Sedangkan untuk debitur, untuk selalu memperhatikan prinsip-prinsip utang piutang dalam Islam. Prinsip ini memuat antara kejelasan barang yang diserah terimakan, tidak adanya unsur riba dalam transaksi, dan menjunjung prinsip keadilan yang tidak merugikan salah satu pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiatama, Yudhayudhaafiatama@gmail.com05020220080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pelunasan Utang
Hukum Islam > Utang Piutang
Keywords: Hukum Islam; utang piutang; pelunasan utang; barang kredit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yudha Yudha Afiatama
Date Deposited: 17 Jan 2024 22:21
Last Modified: 17 Jan 2024 22:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67446

Actions (login required)

View Item View Item