Dimensi tafsir maqasid dalam pemikiran Hasyim Asyari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Abdul Aziz Ali (2024) Dimensi tafsir maqasid dalam pemikiran Hasyim Asyari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Aziz Ali Fikri_07010320001 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Abdul Aziz Ali Fikri_07010320001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, hal yang paling disorot adalah aspek tafsir maqasid dalam pemikiran Hasyim Asyari melalui kitab-kitab karya Hasyim Asyari. Menarik dicatat, sejauh ini Hasyim Asyari merupakan ulama yang jarang-atau bahkan tidak sama sekali-dipandang dari segi pemikiran penafsiran dan pemahamannya terhadap al-Qur’an. Padahal Hasyim Asyari seringkali mengutip ayat al-Qur’an untuk melegitimasi pemikirannya, tentu dalam proses pengutipan tersebut Hasyim Asyari melakukan penafsiran al-Qur’an, kendati tidak bisa disamakan dengan fenomena penafsiran al-Qur’an di kitab tafsir pada umumnya. Oleh karena itu, setidaknya ada dua rumusan masalah yang diajukan: 1). Bagaimana penafsiran al-Qur’an Hasyim Asyari dalam kitab Ada>b al-Alim wa al-Mutallim, Risalah Ahl al-Sunnah wa al-Jama‘ah dan Al-Tibyan fi al-Nahyi ‘an Muqat}aa>ti wa al-arha>m wa al-Aqa>rib wa al-Ikhwan. 2). Bagaimana Dimensi Tafsi>r Maqa>s}id dalam Pemikiran Hasyim Asyari. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui penafsiran al-Qur’an Hasyim Asyari dalam kitab Ada>b al-Alim wa al-Mutallim, Risa>lah Ahl al-Sunnah wa al-Jama‘ah dan Al-Tibyan fi al-Nahyi ‘an Muqat}aa>ti wa al-arha>m wa al-Aqarib wa al-Ikhwan dan dimensi tafsir maqasid dalam pemikiran Hasyim Asyari. Dalam menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan analisis kepustakaan (library research) bersifat analisis konten (content analysis) terhadap ayat-ayat dalam beberapa kitab tersebut yang digunakan meligitimasi pemikiran Hasyim Asyari. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Penafsiran al-Qur’an Hasyim Asyari tidak bisa disamakan dengan penafsiran yang ada di dalam kitab tafsir. Ini terjadi karena Hasyim Asyari hanya melegitimasi pemikirannya dengan ayat-ayat al-Qur’an, sebagaimana yang biasa terjadi pada fenomena tafsir di kitab non tafsir. Meski demikian, kecenderungan yang muncul secara metodologis, menghantarkan pada metode tafsir tematik yang diperkenalkan Abd al-Hayy al-Farmawy. Secara sumber tafsir adalah bi al-ra’yi dan secara corak penafsiran adalah adab-ijtima>‘i. Selanjutnya terkait dimensi tafsi>r maqa>s}id yang terlihat, maka penafsiran al-Qur’an Hasyim Asyari sejalan dengan falsafah tafsir maqa>s}id terutama yang diperkenalkan oleh Abdul Mustaqim, yakni; al-adalah (keadilan), al-hurriyah (kebebasan), al-mas’uliyyah (tanggung jawab), al-musawwa (kesetaraan) dan al-insaniyyah (kemanusiaan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Abdul Aziz Alialfikriwachid.aziz@gmail.com07010320001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Pemikiran
Tafsir
Ulama
Keywords: Tafsir maqasid; pemikiran; Hasyim Asyari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdul Aziz Ali Fikri Supari
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:23
Last Modified: 26 Jan 2024 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67450

Actions (login required)

View Item View Item