Eksistensi wisata Pandansili terhadap perubahan gaya hidup masyarakat di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah, Sinta (2023) Eksistensi wisata Pandansili terhadap perubahan gaya hidup masyarakat di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Fadlilah_10020320071.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Sinta Fadlilah_10020320071_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Wisata merupakan salah satu objek yang multifungsi bagi kehidupan manusia. Salah satu wisata yang berasal dari aset alam dan diolah manusia yaitu wisata Pandansili di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Fokus penelitian ini membahas mengenai dampak keberadaan wisata Pandansili terhadap perubahan gaya hidup masyarakat Desa Ngampungan, dan bentuk perubahan gaya hidup yang terjadi pada masyarakat Desa Ngampungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak dan variasi dari perubahan gaya hidup masyarakat terkait keberadaan wisata ditengah pedesaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah fungsional struktural Talcott Parsons. Peran struktur organisasi berdampak terhadap keberlangsungan sistem pengelolaan wisata dan perubahan kebiasaan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dan teknik pencarian data snowboll, serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dari berbagai tingkat masyarakat di Desa Ngampungan. Hasil penelitian ini berupa (1) dampak keberadaan wisata Pandansili dalam bidang sosial berupa interaksi aktiv antar individu dan perubahan bahasa, bidang ekonomi berupa meningkatnya pendapatan, dan semakin lestarinya budaya dan lingkungan (2) bentuk-bentuk perubahan pada kebiasaan masyarakat akibat keberadaan wisata Pandansili, mulai dari pola tidur yang tidak teratur, alih profesi, berubahnya gaya pakaian, eksposur dalam bermedia sosial, dan sikap minimal konsumtif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah, Sintafadilahsinta80@gmail.com10020320071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: wisata Pandansili; perubahan gaya hidup; masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sinta Fadlilah
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:56
Last Modified: 05 Feb 2024 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67458

Actions (login required)

View Item View Item