الأوزان العروضية وتغييراتها في شعر ذكرى مصطفى كامل لأحمد شوقي بحث تحليلي أدبي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Dinda (2024) الأوزان العروضية وتغييراتها في شعر ذكرى مصطفى كامل لأحمد شوقي بحث تحليلي أدبي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Fadilah_A01217016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Dinda Fadilah_A01217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola irama yang digunakan penyair beserta perubahan irama yang terdapat pada bait-bait puisi berjudul “Mengenang Mustafa Kamil” (Dzikru Mustafa Kamil) yang digubah oleh The Prince of Poets dari Mesir pada abad ke-19 kala itu, yakni Ahmad Syauqi. Puisi ini berisi mengenai penggambaran sosok Mustafa Kamil Pasha dalam sudut pandang penyair yang digubah untuk memperingati kematian Mustafa pada Februari 1926. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode yang diterapkan pada penelitian ini. Kajian analisis yang digunakan untuk penelitian ini ialah perspektif ilmu arudl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, terdapat pola irama yang digunakan pada puisi ini, yaitu pola “bahar majzu’ khafif” dengan pola irama "faa’ilaatun mustaf’ilun # faa’ilaatun mustaf’ilun” (لن مستفع فاعالتن # مستفع فاعالتن(. Kedua, terdapat perubahan taf’ilah yang terjadi pada puisi, yakni berupa kecepatan irama (zihaf) dan kecacatan irama (illat) pada beberapa potongan irama pada puisi. Jenis Zihaf yang terdapat pada puisi adalah Zihaf Khabn (membuang huruf ke-2 yang mati pada taf’ilah) dengan 92 data potongan irama yang terdiri dari 2 bentuk pola irama yang berbeda. Pola irama pertama adalah mustaf’ilun ( عْ تف ْ مس ْ لن ( berubah menjadi mutaf’ilun ( عْ متف ْ لن ( terdapat 73 data. Pola irama kedua adalah faa’ilaatun ( ْ فاعالتن (berubah menjadi fa’ilaatun ( ْ فعالتن (terdapat 20 data. Untuk Illat, terdapat 1 data yang ditemukan dengan bentuk illat naqash tasy’its (membuang huruf awal pada watad majmu’ atau huruf keduanya) pola faalaatun ( ْ فاالتن (yang asalnya adalah faa’ilaatun

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Dindaa01217016@uinsby.ac.idA01217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Arudh; Diwan; Ahmad Syauqi; puisi; sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dinda Fadilah
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:11
Last Modified: 18 Jan 2024 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67476

Actions (login required)

View Item View Item