Sejarah pembuatan alat musik Rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik (1956-2023)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Ainun (2023) Sejarah pembuatan alat musik Rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik (1956-2023). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Salsabila_A02218008 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ainun Salsabila_A02218008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas “Sejarah Pembuatan Alat Musik Rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik (1956-2023)”. Fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran umum Desa Bungah Kabupaten Gresik, 2) Bagaimana sejarah dan perkembangan pembuatan alat musik rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik, 3) Apa dampak pembuatan alat musik rebana bagi masyarakat di Desa Bungah Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode sejarah dengan empat langkah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah, pendekatan sejarah yang mengungkapkan gejala-gejala peristiwa berkaitan erat dengan waktu dan tempat, lingkungan dan kebudayaan, kejadian berlangsung, asal-usul dan segi dinamika sosial serta struktur sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Penelitian ini juga menggunakan teori continuity and change menurut John Obert Voll. Hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Desa Bungah berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, Bungah merupakan desa yang padat penduduk, dengan tradisi keagamaan yang kental, pendidikan yang maju, dan perekonomian yang terus berkembang. 2) Produksi rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik pertama dimulai pada tahun 1956 oleh Bapak H. Sanusi, dan berkembang produksi rebana yang lain sampai sekarang dengan bentuk dan bahan yang berbeda-beda. 3) Pembuatan alat musik rebana di Desa Bungah Kabupaten Gresik memberikan dampak kepada masyarakat Bungah dari segi agama, sosial budaya, dan ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan berubahnya kebiasaan masyarakat Desa Bungah dengan tradisi baru seperti lailatus sholawat yang diadakan setiap tahun, munculnya organisasi seperti ISHARI, samroh hadrah, banjari, dan LASQI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Ainunainunsalsabilaelsa@gmail.comA02218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh ImanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Keywords: Sejarah; Rebana; Bungah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ainun Salsabila Elsa
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:31
Last Modified: 18 Jan 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67499

Actions (login required)

View Item View Item