Pemodelan kebisingan lalu lintas di sekitar Bundaran Waru menggunakan Multiple Linear Regression (MLR)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Hanif Yusuf Rahman (2024) Pemodelan kebisingan lalu lintas di sekitar Bundaran Waru menggunakan Multiple Linear Regression (MLR). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Yusuf Rahman Abdillah_09020520034 ok.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Hanif Yusuf Rahman Abdillah_09020520034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (17MB)

Abstract

Jalan Bundaran Waru di Kota Surabaya merupakan salah satu jalan kategori kolektor sekunder dan termasuk dalam jalan kategori nasional. Tingginya volume lalu lintas di Bundaran Waru menyebabkan kemacetan, terutama di titik-titik pertemuan kendaraan yang padat dari berbagai arah. Oleh karena itu, diperlukan model prediksi kebisingan lalu lintas untuk mengelola kebisingan di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan volume lalu lintas di sekitar Bundaran Waru, menganalisis pola sebaran tingkat kebisingan di sekitar Bundaran Waru menggunakan program Surfer, dan menganalisis model kebisingan lalu lintas berdasarkan volume lalu lintas dengan pendekatan Multiple Linear Regression (MLR) untuk memahami pengaruh kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan lalu lintas di sekitar Bundaran Waru. Pada penelitian ini menggunakan sebanyak 20 titik sampling digunakan untuk pengambilan sampel kebisingan dan jumlah kendaraan, dengan kategori kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (HV), dan sepeda motor (MC). Pengambilan sampel kebisingan dilakukan selama 24 jam dengan interval L1-L7 sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996. Pola persebaran kebisingan dianalisis menggunakan aplikasi Surfer, dan uji Multiple Linear Regression (MLR) dilakukan dengan aplikasi Minitab untuk mengetahui pengaruh kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan lalu lintas di sekitar Bundaran Waru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas di sekitar Bundaran Waru pada hari Senin dan Jumat (hari kerja) sekitar 280.798,2 smp/jam dan 288.214,5 smp/jam, sementara pada hari Minggu (hari libur) sekitar 260.682,1 smp/jam. Pola sebaran kebisingan menunjukkan tingkat kebisingan tertinggi pada titik 18 untuk hari Senin dan Jumat, dan titik 6 untuk hari Minggu. Analisis uji korelasi menunjukkan bahwa beberapa model memiliki taraf signifikansi yang berbeda, dengan nilai signifikansi (P-Value) kurang dari 0,05. Artinya, beberapa titik sampling menunjukkan pengaruh antara volume lalu lintas kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan pada hari Senin. Pada hari Jumat, terdapat 12 model yang masih memiliki pengaruh simultan antara volume setiap jenis kendaraan dan tingkat kebisingan. Namun, pada hari Minggu, yang merupakan hari libur, 10 dari 20 titik sampling tidak menunjukkan signifikansi (P-Value) yang cukup tinggi, antara lain pada titik-titik sampling 2, 5, 8, 10, 11, 12, 13, 14, 17, dan 20.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Hanif Yusuf Rahmanhanifyusufrahmanabdillah@gmail.com09020520034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Subjects: Lalu Lintas
Lalu Lintas > Undang-undang dan peraturan
Perumahan
Teknik Lingkungan
Keywords: Kebisingan; volume lalu lintas; kendaraan bermotor; pola sebaran; multiple linear regression; surfer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: hanifyra Abdillah
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:32
Last Modified: 19 Jan 2024 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67507

Actions (login required)

View Item View Item