Menjenguk orang sakit melalui media sosial: kajian maani al hadith pada hadis riwayat Imam Ahmad No.22439 dengan pendekatan sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azkiyah, Nur Atik (2023) Menjenguk orang sakit melalui media sosial: kajian maani al hadith pada hadis riwayat Imam Ahmad No.22439 dengan pendekatan sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Atik Azkiyah_07020520055 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Atik Azkiyah_07020520055 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dengan kemajuan teknologi, masyarakat beragama semakin maju, termasuk cara berpikir dan gaya hidup. Teknologi dan gaya hidup kontemporer saat ini mempengaruhi kurangnya rasa empati dan kepedulian sosial, hal ini disebabkan oleh kurangnya interaksi sosial secara langsung. Salah satu bentuk empati dan kepedulian sosial terhadap sesama adalah menjenguk orang sakit. Perawatan dan kepedulian terhadap orang sakit adalah nilai solidaritas sosial yang fundamental. Model penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Penelitian ini akan membahas tentang kualitas dan kehujjahan hadis pada riwayat Ima>m Ah}mad nomor indeks 22439. Kedua, Menemukan dekskripsi dan pemaknaan hadis tentang menjenguk orang sakit pada riwayat Ima>m A}mad nomor indeks 22439. Ketiga, mengetahui bagaimana implikasi menjenguk orang sakit melalui media sosial dengan pendekatan sosial. Dari hasil penelitian diperoleh suatu konklusi bahwasannya hadis tentang menjenguk orang sakit pada riwayat Ima>m A}mad nomor indeks 22439 berstatus s}ah}ih} li dzatih dan bisa diamalkan. Hadis tentang menjenguk orang sakit pada riwayat Ima>m A}mad nomor indeks 22439 menerangkan tentang pentingnya menjenguk orang sakit baik secara langsung maupun secara online. Menjenguk orang sakit melalui media sosial Menjenguk orang sakit melalui media sosial memungkinkan individu untuk mengatasi keterbatasan fisik dan jarak geografis. Menjenguk orang sakit melalui media sosial memberikan cara untuk tetap terlibat dan mengekspresikan solidaritas meskipun tidak secara langsung berada di dekat orang yang sakit. Menjenguk orang sakit melalui media sosial sering kali didukung oleh norma-norma sosial yang menghargai kepedulian terhadap sesama dan menunjukkan solidaritas di dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azkiyah, Nur Atikazkiyah.atik@gmail.com07020520055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com2014097902
Subjects: Agama
Hadis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Menjenguk orang sakit; media sosial; teori pemahaman hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nur Atik Azkiyah
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:35
Last Modified: 19 Jan 2024 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67510

Actions (login required)

View Item View Item