Pengaruh sales growth, profitabilitas, leverage, intensitas modal, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance: studi empiris perusahaan sektor healthcare yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Maulidya Cantika (2023) Pengaruh sales growth, profitabilitas, leverage, intensitas modal, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance: studi empiris perusahaan sektor healthcare yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidya Cantika Putri_08020220068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Maulidya Cantika Putri_08020220068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel independen yaitu sales growth, profitabilitas, leverage, intensitas modal, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance sebagai variabel dependen baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan sektor healthcare yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 - 2022. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria khusus yang menghasilkan 65 data sampel untuk periode pengamatan selama 5 tahun. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat uji statistik berupa IBM SPSS versi 29 untuk mengelola data. Penelitian ini memberikan hasil bahwa variabel sales growth dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi tax avoidance. Sedangkan variabel profitabilitas memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sehingga terdapat indikasi jika tingkat profitabilitas perusahaan meningkat, maka upaya penghindaran pajak yang dilakukan perusahaan sektor healthcare menurun. Sementara variabel leverage dan intensitas modal memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Dengan demikian, kesimpulannya perusahaan cenderung memanfaatkan kenaikan leverage dan intensitas modal untuk melakukan upaya penghindaran pajak. Adapun secara simultan, kelima variabel ini mempengaruhi perusahaan secara positif signifikan untuk melakukan tax avoidance. Penelitian ini memberikan saran kepada perusahaan agar lebih bijak saat mengambil keputusan melakukan penghindaran pajak agar tidak mencoreng citra perusahaan. Bagi investor juga disarankan untuk berhati-hati dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan melakukan tax avoidance agar dapat berinvestasi dengan tepat. Pemerintah ke depannya juga diharapkan dapat menyusun regulasi terkait undang-undang perpajakan dengan lebih baik agar tidak terjadi celah bagi para wajib pajak melakukan tax avoidance. Serta bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan maupun mengganti variabel independen terkait penghindaran pajak, memperluas objek pengamatan, dan memperpanjang tahun pengamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Maulidya Cantikamaulidyacp2@gmail.com08020220068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Keywords: Tax avoidance; sales growth; profitabilitas; leverage; intensitas modal; ukuran perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Maulidya Cantika Putri
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:32
Last Modified: 19 Feb 2024 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67515

Actions (login required)

View Item View Item