فعل الأمر في اللغتين العربية والجاوية : دراسة تقابلية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kuswoyo, Intan Handita (2024) فعل الأمر في اللغتين العربية والجاوية : دراسة تقابلية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Handita Kuswoyo_03020120048 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Intan Handita Kuswoyo_03020120048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia memiliki kemampuan untuk menerima dan menguasai beberapa bahasa. Biasanya manusia memiliki kemampuan untuk menguasai setidaknya dua bahasa, yakni bahasa ibu dan bahasa kedua. Antara bahasa ibu dan bahasa kedua pasti memiliki pola atau aturan tata bahasa yang hampir mirip. Selain itu juga memiliki perbedaan diantara keduanya. Bahasa-bahasa di dunia juga memiliki kaidah-kaidah yang hampir sama antara satu dengan yang lain. Salah satu kaidah yang sering dipakai untuk berkomunikasi adalah kata perintah atau imperatif yang pasti dimiliki oleh tiap bahasa di dunia dengan kaidah masing-masing di tiap bahasanya. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan imperative atau kalimat perintah dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa, sehingga dapat mempermudah penutur bahasa Jawa dalam belajar bahasa Arab, khususnya pada kaidah kalimat imperative atau kata perintah. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dengan fokus literature dan sumber berupa buku-buku yang mengandung penjelasan tentang kalimat imperative dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Adapun metode dan jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis konstraktif yang bertujuan untuk (1) mengetahui persamaan kalimat imperative dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa (2)mengetahui perbedaan kalimat imperative dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga persamaan kalimat imperative dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa yakni dari segi pengertian, dua faidah yang sama dan susunan kalimat. (2) terdapat lima perbedaan kalimat imperative dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa yakni dari segi faidah, tanda, genderisasi, tingkatan bahasa dan dari segi jumlah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kuswoyo, Intan Handitahanditaintan97@gmail.com03020120048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Kalimat imperative; bahasa arab; bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Intan Kuswoyo
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:42
Last Modified: 19 Jan 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67516

Actions (login required)

View Item View Item