Pengendalian kualitas air produksi PT PP Krakatau Tirta menggunakan diagram kendali multivariat generalized variance, T2-Hotelling

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramita, Rizka (2023) Pengendalian kualitas air produksi PT PP Krakatau Tirta menggunakan diagram kendali multivariat generalized variance, T2-Hotelling. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Pramita_09040220062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizka Pramita_09040220062_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup, Kebutuhan air meningkat seiring pertambahan penduduk dan jumlah industri. Di Kabupaten Gresik penyedia air bersih masih belum mampu menyediakan seluruh permintaan masyarakat dan industri khususnya di wilayah Gresik Utara, sehingga pemerintah membuat terobosan Bendungan Gerak Sembayat (BGS) yang bekerjasama dengan PT PP Krakatau Tirta dan PDAM Giri Tirta untuk mengolah air baku dari BGS menjadi air bersih siap konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik terkait dengan pengendalian kualitas air di wilayah tersebut menggunakan diagram kendali multivariat Generalized Variance dan diagram kendali T2 -Hottelling. Penelitian akan dilakukan pada PT PP Krakatau Tirta dalam mengolah air dari Bendungan Gerak Sembayat yang menghadapi masalah pencemaran air. Data kualitas air akan dikumpulkan secara berkala dari laboratorium PT PP Krakatau Tirta, dan analisis statistik akan digunakan untuk memonitor perubahan kualitas air serta mendeteksi perubahan yang signifikan. Hasil analisis menggunakan metode diagram kendali Generalized Variance diperoleh bahwa seluruh data fase 1 dan fase 2 berada dalam batas kendali, sedangkan hasil analisis menggunakan metode diagram kendali T2 -Hottelling diperoleh hasil bahwa data fase 1 dan fase 2 terdapat data observasi yang diluar batas kendali dan harus dilakukan perbaikan hingga 3 kali sampai data observasi berada dalam batas kendali. Kapabilitas proses menggunakan Cp pada fase 1 dan fase 2 sudah kapabel (proses produksi mampu dalam memproduksi air dengan baik dan sesuai standar mutu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik terkait dengan pengendalian kualitas air dan memberi rasa aman terhadap pelanggan karena proses produksi sudah terbukti aman dan sesuai standar mutu air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramita, Rizkarizkapramita376@gmail.com09040220062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorKhaulasari, Hanihanikhaulasari@gmail.com0709029102
Subjects: Matematika
Keywords: Air; bendungan Gerak Sembayat; generalized variance; T2-Hotelling PT PP Krakatau Tirta. x
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rizka Pramita
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:25
Last Modified: 02 Feb 2024 09:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67542

Actions (login required)

View Item View Item