Pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII Mts al Ihsan Krian pada materi zat adiktif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nurul (2024) Pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII Mts al Ihsan Krian pada materi zat adiktif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fitriyah_06031020024.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Nurul Fitriyah_06031020024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Ihsan Krian. Hal ini disebabkan proses pembelajaran dikelas masih berfokuspada pendidik. Sehingga menjadikan peserta didik belum sepenuhnya mandiri dalam belajar Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran online berbasis game edukasi diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan Penelitian ini, yaitu : (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues materi zat adiktif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkan pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues materi zat adiktif. Model pembelajaran pada penelitian ini yakni socio-scientific issues yang memiliki beberapa sintak yaitu melibatkan peserta didik menghadapi masalah utama, proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik dengan ide-ide sains, praktik sains dan praktik penalaran socio-scientific, Peserta didik diminta untuk mensintesiskan ide sesuai dengan apa yang telah dipelajari dengan permasalahan yang ada dikehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterlaksanaan pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues materi zat adiktif yang dilaksanakan di Mts Al-Ihsan Krian, pada pertemuan pertama dan kedua memperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi atau dapat dikatakan efektif. (2) Pembelajaran kontekstual berbasis socio-scientific issues materi zat adiktif dapat meningkatkan literasi sains siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor N-Gain, sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Dan diperkuat dengan hasil pengujian wilcoxon signed rank menunjukkan nilai sig (2 tailed) yakni nilai sig menunjukkan 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada data hasil tes pretest dan postest literasi sains Peningkatan level literasi sains, pada pretest siswa hanya sampai tahapan conceptual scientific literacy dan pada posttest siswa mampu mencapai hingga tahapan multidimentional scientific literacy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nurulnurulfitriyah1228@gmail.com06031020024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id2004117403
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.ac.id2020068902
Subjects: Biologi
Kimia
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Literasi sains; pembelajaran kontekstual; socio-scientifi issues
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: S.Pd NF NURUL FITRIYAH
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:54
Last Modified: 05 Feb 2024 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67589

Actions (login required)

View Item View Item