Lanskap linguistik di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kampus 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Ibadur Rohman al Irsyad Ibadur (2024) Lanskap linguistik di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kampus 1. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibadur Rohman Al-Irsyad_A04218010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ibadur Rohman Al-Irsyad_A04218010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa dalam lanskap linguistik dan fungsi lanskap linguistik secara posisional di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori Landry dan Bourhis untuk menganalisis tipe kode bahasa dalam kajian lanskap linguistik. Data dalam penelitian ini berupa benda atau tanda yang memberikan informasi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya serta apa pun yang berkenaan dengan lanskap linguistik yang diambil dengan cara dipotret. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa benda atau tanda yang memberikan informasi serta apa pun yang berkenaan dengan lanskap linguistik di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Bahasa itu ditampilkan secara monolingual, bilingual, dan multilingual. Penggunaan bahasa Indonesia melambangkan sebagai identitas bahasa Nasional, sebagai preferensi, prioritas dan pemertahanan bahasa, sementara penggunaan bahasa Inggris karena merupakan bahasa Internasional yang tidak terlepas dari perannya sebagai bahasa universal, begitu juga dengan penggunaan bahasa Arab sebagai identitas perguruan tinggi yang berbasis agama dan mengartikan adanya program studi yang menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran. Adapun fungsi lanskap linguistik secara posisional dalam memberikan informasi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya terdapat relasi vertikal bahasa, relasi vertikal berkaitan dengan pengatasan dan pembawahan bahasa-bahasa yang dipakai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Ibadur Rohman al Irsyad Ibaduralirsyad2789@gmail.comA04218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah Siti, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Thesis advisorIndriyani Jiphie Gilia, Jiphiejiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Sosiologi
Keywords: Linguistik; UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus 1
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Ibadur Rohman Al-Irsyad
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:37
Last Modified: 22 Jan 2024 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67592

Actions (login required)

View Item View Item