Dari konflik politik ke konflik internal umat beragama: studi tentang eskalasi konflik di Desa Banjaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Anggara Satriyo (2024) Dari konflik politik ke konflik internal umat beragama: studi tentang eskalasi konflik di Desa Banjaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggara Satriyo Aji_E04219002 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anggara Satriyo Aji_E04219002 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara konflikpemilihan kepala desa (Pilkades) dan konflik yang berlanjut pada tempat ibadahumat Islam di Desa Banjaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif denganpendekatan studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang mendalamtentangdinamika konflik tersebut. Kajian teori mrliputi analisis konflik Dahrendorf danpenahapan konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik Pilkades di Desa Banjaranmenciptakan ketegangan sosial yang berlanjut pada konflik terkait tempat ibadahumat Islam. Faktor-faktor seperti persaingan politik, dan ketidakpuasan salahsatupihak terhadap hasil Pilkades menjadi pemicu utama konflik tersebut. Konflik ini tidak hanya memengaruhi hubungan antarwarga di desa tetapi juga memperlihatkandampaknya pada kehidupan beragama, terutama dalam konteks tempat ibadah. Dampak konflik Pilkades yang berlanjut pada tempat ibadah umat Islammeliputi ketegangan antarumat beragama, penurunan toleransi, dan bahkan potensi konflik yang lebih besar dalam masyarakat. Oleh karena itu, penelitianini menekankan perlunya pendekatan yang holistik dalam menangani konflik, melibatkan partisipasi aktif seluruh komunitas, dan mempromosikan dialog antar pengurus Masjid untuk membangun harmoni sosial dan perdamaian di Desa Banjaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Anggara Satriyokmngs12@gmail.comE04219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFakhruddin, M. Anasa.fakhruddin@uinsa.ac.id2010028201
Subjects: Hubungan Masyarakat
Konflik sosial
Politik
Keywords: Konflik; Pilkades; tempat ibadah; Desa Banjaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Angga Anggara Satriyo Aji
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:46
Last Modified: 22 Jan 2024 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67621

Actions (login required)

View Item View Item