Konseling islam dengan teknik cognitive erstructuring untuk meningkatkan self esteem pada remaja di panti asuhan St. Khadijah ‘Aisyiyah Kab. Pinrang Sulawesi Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal, Musfirah Sari (2024) Konseling islam dengan teknik cognitive erstructuring untuk meningkatkan self esteem pada remaja di panti asuhan St. Khadijah ‘Aisyiyah Kab. Pinrang Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musfirah Sari Iqbal_B93217096 OK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Musfirah Sari Iqbal_B93217096 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (517kB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui : Proses dan hasil dari konseling Islam dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self esteem pada remaja di panti asuhan St. Khadijah 'Aisyiyah Kab. Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak asuh memiliki tingkatan self esteem yang lebih positif. Untuk mencapai tingkat self esteem yang lebih tinggi, konseli diberikan treatment dengan menggunakan teknik cognitive restructuring. Dimana teknik ini akan membantu konseli untuk menata kembali pikiran negatif tentang dirinya menjadi lebih positif, sehingga konseli bisa lebih menerima keberadaan dirinya dan bersikap percaya diri baik di dalam maupun di luar lingkungan panti asuhan. Hasil konseling menunjukkan bahwa konseli mengalami peningkatan pada self esteemnya dengan adanya perubahan perilaku, seperti lebih termotivasi, berani berinteraksi dengan teman-teman di luar panti asuhan, dan tidak sering membandinh-bandingkan dirinya dengan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal, Musfirah Sarimusfirahsari38@gmail.comB93217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Remaja
Terapi
Keywords: Konseling islam; cognitive restructuring; self esteem
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Musfirah Sari Iqbal
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:10
Last Modified: 22 Jan 2024 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67635

Actions (login required)

View Item View Item