Konsep pluralisme dalam perspektif alumni pondok modern Darussalam Gontor yang berada di Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Agus (2024) Konsep pluralisme dalam perspektif alumni pondok modern Darussalam Gontor yang berada di Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus setiawan_07020220015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Agus setiawan_07020220015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pluralisme merujuk pada suatu keadaan sosial dan budaya yang mencerminkan keragaman masyarakat dalam aspek agama, kepercayaan, dan budaya yang melingkupi kehidupan manusia. Sayangnya, ada tekanan untuk membuat semuanya seragam. Memperjuangkan pandangan pluralisme dan mendukung sikap pro-eksistensi dalam beragama bisa membantu masyarakat memahami dan menghargai perbedaan keyakinan tanpa memaksakan keseragaman. Penerapan nilai pluralisme di kehidupan kampus merupakan suatu langkah penting untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghormati keragaman bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua rumusan awal yakni 1. Bagaimana peran alumni Pondok Modern Darussalam Gontor berkontribusi dalam merespon isu-isu pluralisme di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2. Sejauh mana dampak peran alumni Pondok Modern Darussalam Gontor terlihat dalam pandangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya terhadap pluralisme? Metode yang digunakan peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang berorientasi pada data lapangan dengan mengumpulkan data-data empiris melalui wawancara dengan dosen-dosen yang berasal dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Pengumpulan data juga ditunjang oleh bentuk dokumentasi dan data literatur. Dalam hal ini, peneliti menggunakan teori Nur Cholismajid dalam menganalisis sebuah data. Setelah melakukan penelitian ditemukan bahwa konsep pluralisme yang berada di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu tidak semua dosen berkontribusi dalam isu-isu pluralisme yang ada di kampus. Akan tetapi, mereka banyak berkontribusi dalam hal penceramah. Dampak yang terjadi dari peran alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang sekaligus menjadi dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yaitu membawa pengaruh positif dalam mempromosikan nilai-nilai keagamaan dan moral di lingkungan kampus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Agusagussetiawan92138@gmail.com07020220015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Toleransi
Keywords: Pluralisme; agama; alumni Pondok Modern Gontor
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: agus setiawan
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:25
Last Modified: 24 Jan 2024 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67637

Actions (login required)

View Item View Item